Pemkab OKU sukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

id Lomba masak ikan, Program Gemarikan, konsumsi daging ikan, ikan sungai, Diskannak Kabupaten OKU

Pemkab OKU sukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan

Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah menghadiri lomba memasak berbahan ikan yang digelar oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI di Islamic Center Baturaja, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang diisi dengan kegiatan lomba memasak berbahan ikan yang digelar oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI wilayah setempat.

"Kegiatan yang digelar di Gedung Serbaguna Islamic Center Baturaja ini sebagai salah satu upaya untuk menyukseskan program Gemarikan," kata Ketua IGTKI PGRI Kabupaten OKU, Liliya Efrita di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, lomba memasak serba ikan yang diikuti peserta dari guru-guru TK dan PAUD se-Kabupaten OKU tersebut sekaligus dalam rangka memperingati hari Ibu tahun 2022.

Adapun kriteria perlombaan penilaian meliputi penyajian, nilai gizi dan cita rasa dari masakan yang disajikan peserta.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan gizi masyarakat sehingga terbentuk gizi yang sehat, kuat dan cerdas," harapnya. Sementara itu, Penjabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah menyampaikan, lomba masak berbahan dasar ikan ini merupakan sosialisasi yang dilakukan oleh semua elemen, termasuk IGTKI-PGRI guna mendorong tumbuh kembangnya usaha perikanan yang dijalankan oleh masyarakat di Kabupaten OKU.

"Berkaitan dengan lomba masak serba ikan ini, pemerintah daerah menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya," kata Bupati.

Teddy berharap kegiatan ini menjadi bagian penting untuk mengembangkan budaya konsumsi makanan bergizi dan berkualitas dari protein hewani yang bersumber dari ikan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih menambahkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini sudah dijalankan pihaknya sejak beberapa tahun terakhir.

Dalam gerakan ini masyarakat diajak untuk gemar mengkonsumsi ikan segar karena rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi sehingga menjadi makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari.

"Apalagi di Kabupaten OKU ikan sungai segar begitu mudah didapat baik dibeli di pasar maupun dengan cara menangkap langsung di Sungai Ogan sehingga direkomendasi bagi masyarakat untuk dijadikan menu harian yang tepat untuk keluarga," kata Tri.

Tri menambahkan, program Germarikan ini dilaksanakan dengan harapan agar tingkat konsumsi daging ikan di Kabupaten OKU mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Berdasarkan data pada tahun 2022 angka konsumsi ikan di OKU mencapai 40 kilogram perkapita atau meningkat dibandingkan tahun lalu yaitu hanya 30 kilogram perkapita.

Selain menggalakkan program Germarikan, pihaknya juga sejak beberapa tahun terakhir proaktif melakukan penebaran benih ikan di Sungai Ogan.

"Untuk tahun ini sebanyak 18 ribu ekor benih ikan sudah kami tebar di Sungai Ogan pada Juli 2022 guna menambah jumlah populasi ikan di sungai agar bertambah banyak," ujarnya.