Kadinkes: Puskesmas jalur mudik harus tetap buka

id puskesmas, harus tetap buka selama lebaran

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan dr Fenty Aprina mengatakan, Puskesmas yang berada di jalur mudik harus tetap buka saat menjelang dan sesudah lebaran.

Pihaknya telah memberitahukan kepada Pemkab dan Pemkot agar Puskesmas yang berada di jalur mudik lebaran tetap buka 24 jam, kata dr Fenty kepada wartawan di Palembang, Kamis.

Menurut dia, ada beberapa Puskesmas yang berada di jalur mudik dan padat seperti di sepanjang jalan Lintas Timur Sumatera.

Begitu juga jalur lainnya terutama Puskesmas di pinggir jalan yang dilalui masyarakat akan mudik dan balik lebaran harus buka 24 jam.

Kesemuanya itu untuk mengantisipasi bila ada kecelakaan saat mudik dan balik lebaran, sehingga korban dapat ditanggulangi secepat mungkin, katanya.

Selain mengimbau pada pemerintah kabupaten dan kota menyiagakan Puskesmas, pihaknya juga menyiapkan berbagai jenis obat untuk mengantisipasi bila terjadi permasalahan terhadap kesehatan bagi masyarakat yang akan mudik.

Yang jelas, pihaknya akan mengantisipasi dengan menyediakan berbagai jenis obat dalam menghadapi Idul Fitri tahun ini.

Sebelumnya Kapolda Sumsel Irjen Pol Saud Usman Nasution mengatakan, untuk jalur padat termasuk di jalan Lintas Sumatera pihaknya mendirikan posko.

Selain itu pihaknya juga memaksimalkan penjagaan terutama di daerah rawan, kata Kapolda.