Petani Musirawas keluhkan virus serang ikan mas kolam

id kolam, kolam ikan mas

Petani Musirawas keluhkan virus serang ikan mas kolam

Kolam ikan air deras (ANTARA FOTO)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Para petani kolam ikan air tawar di kabupaten Musirawas, sumatera selatan, mengeluhkan virus menyerang ikan mas, sehingga tidak bisa dibudidayakan pada kolam air deras.

Budidaya ikan mas sudah lama dilakukan pada kolam biasa, setelah ada serangan virus pada budidaya kolam air deras 2003, kata salah seorang petani kolam ikan air deras di wilayah Kecamatan Tugumulyo Matnovi, Sabtu.

Ia mengatakan hingga saat ini ikan mas tidak bisa dibudidayakan pada kolam air deras dan pernah dicoba sebagai besar mati, sedangkan pencegahan virus itu hingga saat ini belum bisa diatasi.

Bila ikan mas dibudidayakan pada kolam air tenang (biasa) produksinya tidak bisa meningkat dan pertumbuhannya lamban, sedangkan permintaan kounsumen cukup tinggi.

"Kami sekarang hanya membudidayakan ikan nila pada kolam air deras karena tahan akan serangan penykit insang itu dan produksinya lebih tinggi, bila dibandingkan bidudaya kolam air tenang," ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Musirawas Bambang mengakui, bahwa ikan mas hingga saat ini tidak bisa dibudidayakan pada kolam air deras, sedangkan pencegahan penyakitnya belum bisa dilakukan karena keterbatasan tenaga teknis.

Padahal permintaan ikan mas dan nila cukup tinggi, terutama dari provinsi tetangga seperti Jambi, Bengkulu dan Kota Palembang.

"Kita masih mengupayakan agar ikan mas itu kembali bisa di budidayakan pada kolam air deras dan akan mendatangkan tenaga ahli dari Jawa," ujarnya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Musirawas Emi Parita mengatakan, produksi ikan di wilayah itu semat anjlok setelah ada pengeringan saluran irigasi Kelingi hampir sembilan bulan pada 2012.

Namun produksi ikan itu kembali meningkat pada 2013 yakti menjadi 50.573 ton, sedangkan target produksi terus ditingkatkan yaitu mencapai rata-rata 108.678 ton per tahun mengingat permintaan ikan dari wilayah itu setiap bulan terus meningkat, ujarnya.