Pengunjung museum SMB II Palembang terus meningkat

id museum, museum smb ii palembang, pengunjung museum, pengunjung, wisatawan

Pengunjung museum SMB II Palembang terus meningkat

Pengunjung Museum SMB II Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Dolly)

...Jumlah pengunjung museum pada tahun 2012 tercatat 10 ribu orang dan pada 2013 meningkat menjadi 12 ribu orang, pada tahun ini jumlahnya diupayakan bisa lebih banyak lagi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah pengunjung Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

"Jumlah pengunjung museum pada tahun 2012 tercatat 10 ribu orang dan pada 2013 meningkat menjadi 12 ribu orang, pada tahun ini jumlahnya diupayakan bisa lebih banyak lagi," kata Hatta salah seorang petugas Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Jumat.

Menurut dia, untuk terus meningkatkan jumlah pengunjung museum ini, pihaknya berupaya menjalin kerja sama dengan pihak pengelola biro perjalanan wisata agar menjadwalkan perjalanan wisatawannya ke museum.

Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan pihak sekolah sehingga bisa mengajak siswanya berkunjung sambil menjadikan bahan pelajaran di sekolah mengenai sejarah dan benda-benda peninggalan yang ada di museum SMB II Palembang, katanya.

Dia menjelaskan banyak hal menarik mengenai peninggalan sejarah dan warisan budaya Kesultanan Palembang yang dapat dilihat di dalam museum dan menjadi bahan pelajaran bagi generasi muda untuk diterapkan dalam kehidupan modern sekarang ini guna mengimbangi pengaruh budaya asing.

Beberapa hal yang menarik bisa dilihat di Museum SMB II Palembang seperti pakaian adat, kain tenun songket, senjata tradisional keris dan pedang, aksesoris kamar pengantin serta benda-benda sejarah peninggalan Kesultanan Palembang lainnya.

Untuk melihat benda-benda warisan budaya tersebut, masyarakat umum dan wisatawan bisa mengunjungi museum yang berada di samping jembatan Ampera kawasan objek wisata sungai Benteng Kuto Besak Palembang setiap hari kerja dan hari Minggu.

Pengunjung bisa menikmati koleksi museum tersebut dengan mengeluarkan biaya tiket masuk Rp1.000 per orang untuk pelajar, kemudian mahasiswa hanya Rp2.000, masyarakat umum Rp5.000, dan tiket masuk bagi turis atau wisatawan mancanegara Rp20.000 per orang, kata petugas museum.