Seleksi SMAN Sumsel dilaksanakan di lima kabupaten

id sma, sma sumsel seleksi calon siswa baru

Seleksi SMAN Sumsel dilaksanakan di lima kabupaten

Kepala Sekolah SMAN Sumatera Selatan, Erma Retnowati (Foto: antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Seleksi masuk Sekolah Menengah Atas Negeri Sumatera Selatan diselenggarakan tersebar di lima kabupaten/Kota, kata  Kepala Sekolah SMAN Sumatera Selatan, Erma Retnowati di Palembang, Selasa.
    
"Pembukaan pendaftaran dimulai sejak 3 Februari lalu dan bisa diunduh di website SMA Negeri Sumsel," katanya.

Kelima kabupaten/kota tersebut adalah  Ogan Ilir, Lahat, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu, dan Kota Palembang. Kelima kota tersebut secara berurutan akan menjadi kota penyelenggara seleksi tahap dua penerimaan siswa.

"Dipilihnya lima kota untuk efektivitas penyeleksian dan agar Kota  sekitar juga dapat lebih dekat mendatangi tempat seleksi.

usai penyeleksian berkas para siswa yang lulus seleksi berkasnya akan melaju di tahap kedua di kota terdekat diantara lima kota tersebut.

Pada proses penyeleksian tahap dua para siswa akan menghadapi Tes Potensi Akademik dan Focus Group Discussion (FGD).

Tes tersebut diselenggarakan 25 Maret untuk daerah OKU dan OI, 27 Maret untuk daerah Lahat dan Muba serta Kota Palembang pada 3 Mei.

"Dari lima kota tersebut akan kita ranking dan dipilih 200 peserta untuk melaju ke tahap akhir menjadi 100 calon siswa," ujarnya.

Penerimaan siswa tahun ini pun sama dengan tahun sebelumnya yaitu berjumlah 100 siswa.

Menurut Erma jumlah penerimaan siswa tahun ini belum bisa bertambah karena lokal kelas yang masih dibangun.

"Jika sudah selesai dibangun,penerimaan siswa akan bertambah menjadi 150 orang," jelas dia.

Persyaratan untuk masuk SMAN Sumsel pun tidak berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu siswa tidak mampu dengan prestasi akademik sangat baik, serta dengan prestasi dalam maupun luar sekolah yang gemilang dengan pertimbangan tertentu.(Feny)