Lubuklinggau tuan rumah kejuaraan asia sepeda gunung

id sepeda, kejuaraan sepeda gunung

Lubuklinggau tuan rumah kejuaraan asia sepeda gunung

Sejumlah atlet balap sededa (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan terpilih menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Sepeda Gunung "Asian Mountain Bike Championship/AMBC" 2014 yang dijadwalkan 1-2 November mendatang.

"Lubuklinggau telah ditetapkan sebagai tuan rumah AMBC tahun ini dan pemerintah setempat telah menyatakan kesediaan," kata Ketua Bidang Pertandingan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Seluruh Indonesia Tino Latuheru di Palembang, Minggu.

Ia mengemukakan, kejuaraan sepeda gunung tingkat asia ini sudah teregistrasi dengan kejuaraan dunia sehingga jadwal pelaksanaan disesuaikan dengan agenda internasional.

"Mengenai pelaksanaan AMBC ini sendiri telah dipromosikan ketika kejuaraan serupa digelar di India beberapa waktu lalu. Indonesia selaku tuan rumah telah menerima surat penunjukan resminya oleh federasi internasional sepeda gunung," ujarnya.

Sementara Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe menyatakan siap menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Mountain Bike Championsip (AMBC) tahun 2014.

"Panitia daerah telah menyiapkan berbagai keperluan untuk akomodasi, transfortasi hingga arena pertandingan yang direncanakan digelar di Bukit Sulap," katanya.

Ia pun tidak menutup kemungkinan pelayanan khusus akan diberikan kepada ratusan peserta dari 16 negara di Asia itu seperti penyewaan pesawat untuk mengangkut dari Jakarta ke Lubuklinggau.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan sebuah hotel berbintang tiga untuk menampung para peserta tersebut.

"Sebuah hotel bintang tiga dengan kapasitas 101 kamar sedang dibangun di Lubuklinggau dan diperkirakan telah selesai saat pelaksanaan AMBC,"" katanya.

Pemerintah Kota Lubuklinggau saat ini gencar membidik ajang olahraga bertaraf nasional dan internasional untuk dijadikan kesempatan mempromosikan daerah yang dikenal memiliki keindahan alam berupa gunung dan air terjun.

Kontur daerah yang berbukit-bukit menjadi nilai tambah tersendiri sehingga ditunjuk federasi internasional sebagai tuan rumah kejuaraan sepeda gunung tingkat Asia.