Padang (ANTARA Sumsel) - PT Telkomsel memberikan keamanan ekstra di sejumlah tower yang telah terpasang di wilayah Sumbar guna mengantisipasi aksi pencurian

"Seringnya terjadi aksi pencurian di sejumlah tower yang ada di Sumbar, Telkomsel memberikan keamanan ekstra,"kata Head of Network Service Telkomsel Padang, Dody Syahputra, di Padang, Kamis.

Menurut dia,  dampak yang timbul jika salah satu perangkat BTS hilang dapat mengakibatkan komunikasi di wilayah tersebut akan terganggu, sehingga berdampak pada kerugian baik bagi masyarakat sebagai pelanggan maupun bagi operator selular sebagai penyedia layanan komunikasi.

"Akses komunikasi yang terganggu akan berdampak terhadap gangguan komunikasi bagi masyarakat daerah tersebut, mengganggu sektor bisnis, maupun layanan publik terhadap masyarakat di daerah tersebut. Sebab, saat ini layanan komunikasi dan informasi adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari tiga hal tersebut,"kata dia.

Barang yang ada di dalam tower sering dicuri pelaku kejahatan yakni, kabel feeder, baterai, kabel power, dan kabel grounding.

"Maka dari itu, kami meminta kerjasama dengan masyarakat dan kepolisian untuk menjaga keamanan BTS Telkomsel,"ungkap Dodi Syahputra.

Dia mengatakan, Telkomesl sangat menghargai peran serta masyarakat yang turut menjaga keamanan BTS Telkomsel dari aksi oknum yang tidak bertanggungjawab.

"Untuk itu, Telkomsel bersama masyarakat sekitar dan aparat penegak hukum bekerjasama mengelola keamanan site Telkomsel mengingat perangkat di tower Telkomsel dapat dikategorikan asset negara,"kata dia.

Menurut dia, hadirnya BTS di suatu daerah akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, keamanan, maupun pelayanan publik.

"Akses telekomunikasi akan membuka isolasi suatu daerah dan infrastruktur seperti halnya menara BTS bisa menjadi ikon eksisnya masyarakat di wilayah Sumbar,"kata dia.

Pertumbuhan ekonomi di suatu daerah akan maju apabila ada tiga faktor pendukung yaitu infrastruktur jalan, listrik, dan sarana telekomunikasi. "BTS Telkomsel adalah salah satu dari sarana telekomunikasi untuk membantu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut,"kata Dody Syahputra.

Terkait ada kekhawatiran warga tentang dampak radiasi atas BTS, Dody Syahputra menyatakan hampir tidak dampak radiasi yang ditimbulkan kepada masyarakat. "Dimana kekuatan yang dikeluarkan dari perangkat antena tergolong kecil, sehingga aman untuk masyarakat sekitar tower,"kata dia.

Dia menambahkan, Telkomsel di wilayah Regional Sumbagteng  telah melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan di wilayah ini.

"Telkomsel sebagai seluler pertama di Indonesia kini telah menyediakan jumlah BTS di Regional Sumbagteng sudah mencapai 4750 yang terdiri dari 3810  BTS 2G dan 940 BTS 3G, dan secara berkesinambungan Telkomsel tetap melakukan peningkatan kualitas layanan dengan melakukan penambahan kapasitas, pembangunan BTS baru hingga modernisasi jaringan dalam bentuk implementasi perangkat, service dan fitur terbaru,"ungkap dia.(Ant)

Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarasumsel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar