Muba fasilitasi Telkomsel bangun BTS atasi 'blank spot'

id Pemkab Muba, muba, fasilitasi, bts bangun bts, menara komunikasi, Telkomsel, atasi blank spot, tak ada sinyal, blank sp

Muba fasilitasi Telkomsel bangun BTS atasi 'blank spot'

BTS di kawasan permukiman (ANTARA/Yudi Abdullah/24)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan memfasilitasi Telkomsel membangun base transceiver station( BTS) untuk mengatasi tempat-tempat yang tidak memiliki sinyal (blank spot).

"Setelah dibangun dan dioperasikannya dua BTS Telkomsel baru-baru ini, hingga April 2024 ini masih ada 48 poin wilayah blank spot yang menjadi perhatian perlu segera dibangun BTS," kata Penjabat Bupati Muba Apriyadi Mahmud, di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, pada 2023 pihaknya memfasilitasi Telkomsel melakukan percepatan membangun dua BTS untuk menangani masalah di desa yang tidak ada sinyal untuk melakukan komunikasi menggunakan gawai dan memanfaatkan jaringan internet.

"Kami mengapresiasi pihak Telkomsel telah menangani blank spot dengan membangun dua BTS di Kelurahan Mangun Jaya dan Desa Beruge yang dapat menjangkau beberapa desa lainnya dalam wilayah Kecamatan Babat Toman," ujarnya.

Apriadi mengucapkan terima kasih kepada PT Telkomsel yang telah menjalankan program percepatan penanganan blank spot di Kabupaten Musi Banyuasin.

Pembangun BTS baik oleh pihak Telkomsel maupun provider lain diharapkan berlanjut pada 2024 ini sehingga beberapa tahun ke depan tidak ada lagi wilayah yang tidak ada sinyal (blank spot).

Untuk menjaga BTS yang telah dibangun agar tetap berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah pelosok, seluruh masyarakat Muba diminta agar menjaga aset yang telah dibangun tersebut.

“Bagi masyarakat Muba, mari kita menjaga aset yang telah dibangun, karena kepentingannya untuk memudahkan komunikasi serta mempermudah UMKM melakukan promosi dan transaksi digital dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet,” kata Pj Bupati Muba Apriadi.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Muba Herryandi Sinulingga mengatakan, pihaknya telah mengusulkan pembangunan BTS ke Telkomsel dan beberapa provider lainnya.

Hal itu dilakukan dalam upaya percepatan penanganan blank spot serta mendukung transformasi digital di Kabupaten Muba, jelas Kadiskominfo Sinulingga.

Sementara Manager NOP Telkomsel Palembang Dona Saputra menjelaskan bahwa dua site tower yang baru beroperasi di area Kabupaten Musi Banyuasin adalah sebagai berikut C_SKY032_SugiWaras-TBG DU ID : SKY032_L1800_N_553
Band : LTE1800, dan C_SKY015_Babat2-TBG
DU ID : SKY015_L1800_N_553 Band : LTE1800

"Kami berharap dengan telah on airnya dua site tower tersebut dapat dijaga bersama sehingga bisa dimanfaatkan sepanjang masa," ujarnya.

Selain itu Dona menyatakan, Telkomsel terus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan jaringan di area Kabupaten Musi Banyuasin dengan terus berkolaborasi dengan Dinas Kominfo melalui program- program jaringan baru yang bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam hal pembangunan komunikasi era digital di kabupaten setempat.