Atlet boling 10 provinsi tanding pemanasan di Kejuaraan Leanpuri Cup 2023

id kejurnas boling, leapuri cup, provinsi,palembang sumsel

Atlet boling 10 provinsi tanding pemanasan di Kejuaraan Leanpuri Cup 2023

Ratusan atlet boling dari 10 provinsi di Indonesia melakukan pertandingan pemanasan menjelang Pra PON pada Kejuaraan Boling Nasional Leanpuri Cup 2023 di Jakabaring Bowlong Center Palembang, 18-20 Juli 2023. Gubernur Sumsel H Herman Deru menjajal melempar bola pada pembukaan kejuaraan itu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Ratusan atlet boling dari 10 provinsi di Indonesia melakukan pertandingan pemanasan menjelang Pra PON pada Kejuaraan Boling Nasional Leanpuri Cup 2023 di Jakabaring Bowlong Center Palembang, 18-20 Juli 2023.

"Ada 10 daerah yang ikut ambil bagian di Leanpuri Cup 2023, mereka bertanding sebelum menjalani Pra PON 2024," kata Ketua Umum Pengprov PBI Sumsel Hj RA Anita Noeringhati di Palembang, Selasa.

Sepuluh daerah yang memanfaatkan momen kejuaraan di tempat yang sama digelarnya Pra PON tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Kaltim, NAD, Riau, Jawa Barat dan tuan rumah Sumatera Selatan.

Sedangkan Pra PON 2024 sendiri akan digelar 22-30 Juli 2023 di tempat yang sama.

"Kejuaraan Leanpuri Cup ini menjadi bagian persiapan atlet, sekaligus menguji dalam kejuaraan. Ajang ini akan digelar setiap tahun," kata Anita.

Nama Leanpuri Cup 2023 itu sendiri diambil dari nama mantan Ketua PBI Sumsel Percha Leanpuri (Alm) yang tak lain putri Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Gubernur Herman Deru menyampaikan apresiasi nama putrinya dijadikan nama kejuaraan tingkat nasional. Ia berharap venue Jakabaring Bowling Center dapat terus menjadi ajang kejuaraan boling tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu Pengurus Besar PBI, Jerry Sambuaga mengungkapkan alasan kenapa nama Leanpuri dipakai untuk menjadi nama pada kejuaraan nasional, hal tersebut dikarenakan sosok almarhumah Hj Percha Leanpuri merupakan seorang perempuan yang telah berkontribusi banyak dalam meningkatkan semangat dalam mengembangkan olahraga bowling di Indonesia.