Pertandingan boling beregu PON XXI/2024 berlakukan aturan empat pemain

id pon 2024, prakualifikasi boling, palembang sumsel

Pertandingan boling beregu PON XXI/2024 berlakukan aturan empat pemain

Tim boling beregu putra Jawa Barat saling memberikan suport saat bertanding di babak prakualifikasi PON XXI/2023 di Jakabaring Bowling Center Kota Palembang, Kamis. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Pertandingan cabang olahraga boling pada pra kualifikasi PON XXI/2024 di Jakabaring Bowling Center Palembang Sumatera Selatan menerapkan aturan baru yakni setiap tim terdiri dari empat orang.

"Ya pertandingan beregu masing-masing terdiri dari empat atlet, biasanya satu tim dimainkan tiga atlet. Ini mengacu kepada pertandingan di Olimpiade," kata Sekretaris Umum PB Persatuan Boling Indonesia (PBI) Hasrial Arimis di Palembang, Kamis (27/7/2023).

Ia menyebutkan, aturan baru itu baru diterapkan pada Pra Kualifikasi PON XXI/2024, dan otomatis juga diterapkan pada pertandingan di PON XXI/2024 yang rencananya akan digelar di Kota Medan Sumatera Utara.

Selain aturan jumlah pemain nomor beregu yang berubah menjadi empat orang per tim, menurut Hasriadi aturan pertandingan boling lainnya tidak ada perubahan.

"Peraturan lainnya sama," katanya.

Pertandingan cabang olahraga boling ini, kembali dipertandingkan di ajang PON, setelah absen pada PON XX/2020 di Papua yang digelar tahun 2021. Terakhir dipertandingkan pada ajang  PON XIX/2016 Jawa Barat.

"Ini jadi pelepas dahaga bagi atlet setelah absen di PON Papua. Nanti akan dipertandingkan di hall boling yang saat ini masih dibangun. Semuanya ada 16 lintasan," katanya.

Sementara itu pada babak kualifikasi PON XXI/2024 cabang boling, persaingan ketat terjadi antara Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur. Selain itu para atlet Kalimantan Timur dan tuan rumah Sumatera Selatan juga mencatat peningkatan performance dengan mencatat point tinggi.

Ada sebelas nomor yang dipertandingkan pada babak kualifikasi yang diikuti oleh sembilan provinsi itu.

Tim Jawa Barat tercatat sudah meraih tiga medali emas dan satu perunggu pada  babak kualifikasi itu setelah menjuarai nomor single putri, beregu putra dan putri.

"Dari hasil pertandingan atlet sudah aman untuk masuk ke PON. Tapi masih ada beberapa kans yang bisa kami upayakan emas di nomor beregu putra, putri serta untuk all round," kata Manajer Boling Jawa Barat Abdhi Dhany Sinyo yang didampingi pelatih Rustam Effendi.

Pada Jumat (28/7/2023) besok, akan dipertandingkan nomor final beregu putra dan putri yang akan diikuti oleh empat antar lain Jatim, DKI Jakarta dan Jabar.

Pada nomor beregu ini, Jatim diperkuat dua atlet papan atas boling yakni Ryan Lalisang di putra dan Tanya Rumampier di bagian putri. Sedangkan Jabar diperkuat Adiguna di putra dan Sabira di bagian putri. Sedangkan DKI Jakarta dimotori oleh Marvin yang juara pada nomor single putra di petandingan hari pertama.

Pertandingan pra kualifikasi PON masih akan  berlangsung Minggu 29 Juli 2023.