102 peboling dari 9 provinsi ikuti Pra PON XXI/ 2024 di Palembang

id sumsel,prapon 2024,boling,pbi

102 peboling dari 9 provinsi ikuti Pra PON XXI/ 2024 di Palembang

Sekjen Persatuan Boling Indonesia (PBI) Harsial Arimis saat pembukaan pra kualifikasi PON XXI tahun 2024 di Palembang, Sabtu (22/7/2023). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 102 orang peboling dari sembilan provinsi  mengikuti prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024 di Jakabaring Bowling Centre Kota Palembang Sumatera Selatan, 22-30 Juli 2023.

Sekjen Persatuan Boling Indonesia (PBI) Harsial Arimis saat membuka kegiatan olahraga itu, Sabtu, menyebutkan peserta berasal dari Provinsi Sumatra Selatan, Sumatra Barat, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur.

Ia menjelaskan pada kualifikasi tersebut akan ada 11 nomor yang dipertandingkan, yakni putra dan putri tunggal, putra dan putri ganda, ganda campuran , tim putra dan putri, all event putra dan putri, serta master putra dan putri.

“Pelaksanaan kualifikasi ini juga bertujuan untuk mempersiapkan atlet-atlet terbaik guna menghadapi PON tahun depan. Mereka akan bersaing dengan seluruh kemampuan mereka dan berharap menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” jelasnya.

Ia mengungkapkan penunjukan PBI Sumsel menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut karena memiliki venue boling yang sudah berstandar internasional dan menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara.

Selama sembilan hari, para atlet itu akan bertanding dan akan menentukan point mereka untuk bisa tampil pada babak utama PON XXI/2024 yang rencananya akan digelar di Kota Medan.

"Pelaksanaan PON 2024 digelar di NAD dan Sumatera Utara, khusus untuk pertandingan boling akan dipertandingkan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, ia mengatakan untuk kegiatan PON XXI tahun 2024 di Sumatra Utara, dan saat ini juga sedang dibangun venue boling. Menurut informasi venue boling untuk PON akan dibangun sebanyak 20 lintasan.

“PON ke XXI tahun 2024 akan diadakan di Sumatra Utara dan saat ini venuenya sedang dibangun, dan nanti mungkin bulan Agustus baru mulai pelaksanaan pemasangan mesin,” kata Harsial.

Sebelum turun di prakualifikasi PON XXI/2024, para atlet dari sembilan provinsi itu juga bertanding pada Kejuaraan Nasional Leanpuri CUP 2024 yang digelar oleh Pengprov PBI Sumatera Selatan. Ajang yang dijadwalkan menjadi agenda rutin tahunan itu digelar untuk menghormati sosok Perca Leanouri (Alm), sosok Ketua Pengprov PBI Sumatera Selatan yang dianggap berjasa dalam pengembangan olahraga boling.