Jabar juara umum kualifikasi cabang boling, Sumsel kelima

id PON 2024, cabang boling, palembang sumsel

Jabar juara umum kualifikasi cabang boling,  Sumsel kelima

Tim boling DKI Jakarta saat bertanding bersama tuan rumah Sumatera Selatan pada kualfikasi PON XXI/2024 di Jakabaring Boling Center Palembang Sumatera Selatan. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Tim boling Jawa Barat tampil sebagai juara umum babak kualifikasi PON XXI/2024 cabang olahraga boling yang digelar di Jakabaring Bowling Center Kota Palembang Sumatera Selatan, 24-30 Juli 2023.

Jabar berada di puncak klasemen dengan lima medali emas, tiga perak dan empat perunggu. DKI Jakarta di peringkat kedua dengan empat emas, 2 perak, 3 perunggu.

Sedangkan Jawa Timur yang meraih medali dua medali emas, enam perak dan empat perunggu. Sementara itu tuan rumah Sumatera Selatan finish di urutan kelima dengan empat medali perunggu.

"Babak kualifikasi ini event terakhir menjelang PON XXI/2024 di Medan nanti, Setahun ke depan jadi ajang persiapan tim daerah untuk bisa tampil pada PON, disamping ada beberapa event PB baik tingkat nasional maupun Asia," kata Sekjen PB PBI Hasrial Arimis.

Jawa Barat memastikan juara umum setelah meraih dua emas terakhir yakni untuk nomor All Event putri dan nomor master putri atas nama Alisha. Pada nomor master putri yang digelar Minggu (30/7/2023) peboling Jabar itu lolos dari kepungan empat atlet Jatim yakni Tanya Rumimpier yang meraih perak. Dua andalan Jatim lainnya Sharen dan Shinta harus puas dengan perunggu.

Sedangkan Billy dari Jatim meraih emas terakhir nomor master putra setelah mengungguli rekan sedaerahnya Ryan Lalisang serta unggul dari Marvin (DKI) Jakarta dan Rangga.

Jabar menjadi juara atau medali emas pada nomor single putri, double putra dan putri, all event putri dan master putri. DKI Jakarta meraih emas di nomor single putra, mix double, all event putra dan master putra.

Dari ajang kualifikasi itu, peboling putri Shabira dari Jabar dan Marvin (DKI) tampil sebagai atlet paling "moncer". Kedua atlet muda itu sama-sama berandil meraih tiga emas dan satu perunggu untuk kontingennya.

"Atlet muda tampil menembus para senior, kami berharap ini sebuah kondisi baik untuk pembinaan. Rencananya mereka akan kita beri kesempatan untuk tampil di kejuaraan tingkat Asia," kata Hasrial.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov PBI DKI Jakarta Roland Waworuntu mengaku puas dengan hasil kualifikasi itu, termasuk penampilan para atlet mudanya yang mampu bersaing.

"Sejauh ini penampilan mereka cukup memuaskan, mereka atlet muda. Marvin saat ini baru 19 tahun, dan ini akan menjadi PON pertama bagi dia," katanya.


Cabang olahraga boling sendiri kembali dipertandingkan pada ajang PON XXI/2024 setelah absen pada PON XX/2022 di Papua. Terakhir cabang ini dipertandingkan pada PON XIX/2016 di Jawa Barat.

Sembilan tim yang ikut kualifikasi PON XXI/2024 itu dipastikan lolos yakni Jabar, DKI Jakarta, Jatim, Jateng, Kaltim, Banten, Sumatera Selatan. Riau dan Sumatera Barat. Ditambah nanti tim Medan dan Aceh yang lolos otomatis sebagai tuan rumah bersama.

Sementara itu untuk perpindahan atlet menjelang PON XXI/2024 , menurut catatan PB PBI terdata hanya satu mutasi atlet yakni atas nama atlet boling senior Oscar yang pindah dari Jatim ke Sumatera Utara.

"Perpindahan atlet ada, tercatat satu atlet dari Jatim ke Sumut. Sedang dalam proses dan sesuai dengan regulasi," kata Sekjen PB PBI Hasrial Arimis menambahkan.