JBI OKU Sumsel dorong pemerintah siapkan lahan habitat gajah

id Habitat gajah liar, satwa dilindungi, hutan Indonesia, Kawasan Suaka Marga Satwa, Jejak Bumi Indonesia,JBI OKU Sumsel do

JBI OKU Sumsel dorong pemerintah siapkan lahan habitat gajah

Ilustrasi kawanan gajah liar. (ANTARA/HO/22)

Baturaja (ANTARA) - Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia (JBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), mendorong Pemkab OKU Selatan agar menyiapkan lahan untuk habitat gajah liar, sehingga memiliki tempat berkembang biak dan tidak mengganggu ketenteraman warga.

"Hal itu dilakukan mengingat gajah liar ini dilaporkan sering sekali masuk ke permukiman dan kebun warga karena habitat-nya terganggu," kata Pendiri JBI OKU, Hendra Setyawan di Baturaja, Jumat.

Menurut Hendra, hutan Indonesia adalah rumah bagi satwa gajah liar yang sebagian besar sudah hilang fungsinya akibat banyaknya perambahan hutan secara ilegal.

Banyaknya perambahan hutan secara liar tersebut berdampak pada rusak-nya habitat gajah, sehingga hewan mamalia ini sering kali masuk ke perkebunan, bahkan permukiman penduduk di wilayah itu.

Baca juga: Gajah liar rusak tanaman warga di OKU Selatan
"Berdasarkan data, jumlah gajah di OKU Selatan yang tersebar di kawasan Suaka Marga Satwa, Gunung Raya dan Hutan Lindung Mekakau-Saka saat ini lebih dari 100 ekor," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah setempat melakukan upaya pelestarian gajah liar dengan menyiapkan lahan untuk tempat habitat-nya.

Seperti kawasan hutan lindung atau lahan lainnya untuk dijadikan pusat konservasi satwa yang dilindungi, sehingga kawanan gajah liar dapat berkembang biak tanpa mengganggu ketenteraman warga.

Jejak Bumi Indonesia juga sangat mendukung upaya pelestarian Gajah Sumatera di OKU Selatan yang dilakukan Universitas Muhammadiyah Palembang, TFCA dan BKSDA Provinsi Sumatera Selatan agar tetap lestari.

"Kami juga akan berupaya aktif dalam edukasi dan membangun kesadaran masyarakat di daerah Hutan Lindung Mekakau-Saka, SM Gunung Raya, Kabupaten OKU Selatan agar dapat bersama melestarikan kawasan hutan dan satwa-satwa yang dilindungi," ujarnya.

Baca juga: BKSDA Sumsel percepat evakuasi gajah liar di OKU Selatan

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: JBI OKU Sumsel dorong pemerintah siapkan lahan untuk habitat gajah