Gajah 13 tahun mati tersengat listrik, BKSDA imbau masyarakat jaga habitatnya

id Aceh,BKSDA,Gajah Sumatra,Tersengat Listrik,Pemerintah Aceh,Provinsi Aceh,Pemprov Aceh

Gajah 13 tahun mati tersengat listrik, BKSDA imbau masyarakat jaga habitatnya

Dokter hewan melakukan bedah bangkai gajah sumatra liar yang ditemuakan mati di perkebunan masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah. ANTARA/HO-Dok BKSDA Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengungkapkan dua gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan mati di Provinsi Aceh diduga tersengat arus listrik dalam rentang waktu sebulan terakhir.

"Kasus kematian gajah diduga tersengat listrik yang terakhir terjadi di Desa Karang Ampar, Kecamatan Ketol, Kabupaten Aceh Tengah, pada Sabtu (9/3)," kata Kepala BKSDA Aceh Ujang Wisnu Barat di Banda Aceh, Sabtu.

Sebelumnya, gajah mati diduga tersengat arus listrik juga terjadi di wilayah Panton Limeng, Desa Aki Neungoh, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya. Gajah liar jantan diperkirakan berusia 13 tahun itu ditemukan mati pada Selasa (20/2).

Lokasi gajah mati di Pidie Jaya tersebut berada di perkebunan masyarakat. Di lokasi kematian gajah ditemukan pagar listrik. Pada saat nekropsi atau bedah bangkai, ditemukan kawat listrik terlilit pada kaki kanan dan sebagian tubuh gajah.