Dinas Kesehatan OKU gelar pengobatan gratis semarakkan HUT RI

id Pemeriksaan kesehatan, HUT RI, pengobatan gratis, Puskemas Kemalaraja, program vaksinasi, Dinas Kesehatan OKU

Dinas Kesehatan OKU gelar pengobatan gratis semarakkan HUT RI

Seorang warga Baturaja, Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19 dosis ketiga, Selasa (16/8/2022). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melalui Puskesmas Kemalaraja menggelar pengobatan gratis dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-77 RI di daerah itu.

Kepala UPTD Puskesmas Kemalaraja Susy Prihatiningsih di Baturaja, Selasa, menjelaskan kegiatan yang digelar satu hari di Gedung Sanggar Kesenian (SKB) Baturaja itu diikuti ratusan masyarakat setempat.

Pelayanan yang diberikan, antara lain pemeriksaan gigi, gula darah, kolesterol, mata, dan pemeriksaan ibu hamil untuk mencegah stunting.

"Termasuk pemeriksaan kanker serviks untuk ibu-ibu dapat dilakukan di sini secara gratis," katanya.

Pihaknya juga menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19, mulai dari dosis pertama, kedua, hingga ketiga atau penguat.

Dia menjelaskan pelayanan vaksinasi ini disediakan untuk mengejar target cakupan vaksinasi di daerah itu khususnya dosis ketiga yang saat ini masih tergolong rendah.

"Alhamdulillah untuk vaksin khususnya 'booster' (penguat) cukup banyak. Selama dua jam sejak pertama dibuka saja jumlah masyarakat yang divaksin hampir mencapai 50 orang," jelasnya.

Terkait dengan target vaksinasi dalam kegiatan tersebut, Susy mengaku tidak ditargetkan, namun diupayakan sebanyak-banyaknya warga yang divaksin dosis ketiga.

"Untuk stok vaksin cukup banyak tersedia hari ini. Kalaupun kurang kami akan langsung meminta tambahan ke Dinas Kesehatan OKU," tegasnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dinkes OKU gelar pengobatan gratis semarakkan HUT RI