Pemkab Banyuasin hibahkan mobil pick up dorong pengembangan BUMDes

id BUMDes Banyuasin,Kabupaten Banyuasin,Banyuasin Sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Pemkab Banyuasin hibahkan mobil pick up dorong  pengembangan BUMDes

Bupati Banyuasin Askolani (kiri) mengendarai unit mobil pick-up yang diberikan ke BUMDes setempat. (ANTARA/HO-Pemkab Banyuasin)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, menghibahkan empat unit mobil jenis pick-up dan dua unit speed boat untuk membantu pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di daerahnya.

Bupati Banyuasin Askolani mengatakan pemberian bantuan itu merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17 tahun 2021 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Surat Keputusan Bupati Banyuasin Nomor 655 tahun 2021 tentang serah terima hibah kepada Pemerintah Desa.

Pemberian bantuan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 senilai Rp960 juta yang bersumber dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tetinggal dan Transmigrasi.

Adapun empat desa yang menerima bantuan tersebut Desa Purwosari, Desa Mulyasari dan Desa Sukatani dari Kecamatan Tanjung Lago. Kemudian, Desa Sumber Jaya dari Kecamatan Sumber Marga Telang.

Sedangkan, bantuan speed boat diberikan ke Desa Telang Rejo dan Desa Marga Rahayu di Kecamatan Muara Telang.

“Bantuan mobil pick up ini akan digunakan untuk operasional BUMDes, sedangkan speed boat digunakan untuk personal Pemerintah Desa,” kata dia.

Ia mengingatkan pemerintahan desa menggunakan bantuan hibah ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan BUMDes.

“Tolong mobil pick-up dan speed boat ini dijaga dengan baik, agar dapat menunjang perekonomian masyarakat di desa,” kata dia.

Askolani juga memerintahkan dinas perhubungan setempat untuk mendata kembali unit kendaraan yang telah dihibahkan ke pemerintahan desa.

Hal ini untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. “Jika terjadi beri surat teguran kepada Pemerintah Desa yang bersangkutan,” tegas Askolani.