PT Aneka Gas Industri penuhi oksigen RS rujukan COVID-19

id Gas oksigen, kebutuhan rumah sakit, pasien COVID-19, Ogan Komering Ulu, PT Aneka Gas Industri

PT Aneka Gas Industri penuhi oksigen RS rujukan COVID-19

Gudang PT Aneka Gas Industri Cabang Baturaja menyediakan stok gas oksigen selama pandemi, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - PT Aneka Gas Industri Tbk Cabang Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memenuhi kebutuhan oksigen di beberapa rumah sakit yang merawat pasien COVID-19.

Sales Eksekutif PT Aneka Gas Industri Tbk Cabang Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), M Ryanto di Baturaja, Kamis menerangkan secara umum lonjakan kasus COVID-19 di wilayah itu berdampak pada meningkatnya kebutuhan oksigen pada sektor medis.

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya mencukupi kebutuhan oksigen bagi rumah sakit di Kabupaten OKU dengan mengurangi suplai oksigen ke industri. "Suplai oksigen untuk industri dikurangi 40 persen dari 50 tabung menjadi 10 tabung," kata dia.

Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan oksigen di rumah sakit meskipun terjadi lonjakan kasus warga yang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

Dia menjelaskan secara keseluruhan kebutuhan oksigen di beberapa rumah sakit di Kabupaten OKU saat pandemi COVID-19 rata-rata sebanyak 200 tabung per hari.

Sedangkan, pengiriman oksigen dari Palembang ke PT Aneka Gas Industri dalam kurun waktu 3-4 hari mencapai 6 ton liquid atau setara dengan 1.500 tabung oksigen.

Dari 1.500 tabung oksigen yang telah diolah, kata dia, 90 persen diantaranya dialokasikan untuk kesehatan dan 10 persen industri.

Dengan kuota yang ada tersebut pihaknya memastikan tidak akan terjadi kelangkaan oksigen, sehingga penanganan COVID-19 di OKU bisa maksimal. "Kami juga menjamin pengiriman oksigen ke beberapa rumah sakit dilakukan tepat waktu," ucapnya.