KPU OKU buka pendaftaran KPPS Pilkada

id KPU OKU, Pilkada 2020,kpps,Ogan komering ulu, panitia tps

KPU OKU buka pendaftaran KPPS Pilkada

Ilustrasi Logo Pilkada 2020 (ANTARA/HO/20)

Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk bertugas dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di wilayah itu.

"Hari ini kami mulai menerima berkas pendaftaran calon anggota KPPS," kata Ketua KPU Ogan Komering Ulu (OKU) Naning Wijaya melalui anggota Divisi Sosialisasi Parmas, Pendidikan Pemilih, dan SDM Dony Mardianto di Baturaja, Kamis.

Sesuai jadwal tahapan penerimaan KPPS ini, kata Doni, pengumuman pendaftaran petugas KPPS sudah dilakukan pada 1-6 Oktober 2020.

"Untuk penerimaan berkas baru dimulai hari ini. Pendaftaran KPPS ini pada 7-13 Oktober 2020 di Kantor Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa/kelurahan di Kabupaten OKU," katanya.

Dia mengemukakan, dalam pendaftaran tersebut pihaknya akan merekrut sebanyak 6.525 petugas KPPS untuk membantu KPU OKU dalam melaksanakan tahapan Pilkada serentak 2020.

Petugas KPPS ini, lanjut dia, nantinya akan ditugaskan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

"Di OKU ada 725 TPS. Setiap TPS nantinya ditugaskan tujuh petugas KPPS ditambah dua anggota Trantib," katanya.

Adapun persyaratan dalam penerimaan calon petugas KPPS ini antara lain berusia minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun, Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di wilayah kerja KPPS serta pendidikan paling rendah SMA sederajat.

"Dalam perekrutan ini juga tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar dia.