Gubernur Sumsel apresiasi PTBA bantu infrastruktur kabupaten

id bukit asam,pt bukit asam,ptba,bantuan csr ptba,sumsel,sumatera selatan,stadion sumsel

Gubernur Sumsel apresiasi PTBA bantu infrastruktur kabupaten

Gubernur Sumsel Herman Deru menyaksikan penandatanganan berkas serah terima program CSR PT Bukit Asam yang dilakukan Senior Manager CSR PTBA Zulfikar di Griya Agung, Palembang, Senin (21/9). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengapresiasi PT Bukit Asam Tbk yang bersedia menyalurkan dana tanggung jawab sosial (CSR) untuk pembangunan infrastruktur di sejumlah kabupaten/kota di daerah tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PTBA karena turut andil dalam pembangunan di Sumsel, bukan hanya di kabupaten yang masuk wilayah operasinya tapi kini juga membantu kabupaten lain,” kata Herman Deru di Griya Agung setelah menerima bantuan secara simbolis dari Senior Manager CSR PTBA Zulfikar.

Ia mengatakan PTBA sebagai BUMN yang beroperasi di Sumsel telah mengalokasikan dana CSR sekitar Rp128 miliar, yang dikumpulkan selama empat tahun.

Semula dana tersebut diproyeksikan untuk pembangunan Convention Hall di Palembang, namun lantaran berbagai pertimbangan maka rencana tersebut dibatalkan.

Lalu Pemprov mengusulkan dana CSR itu dialihkan untuk pembangunan infrastruktur, seperti pembagunan sejumlah stadion di kabupaten/kota, perbaikan jalan, penambahan sarana prasarana rumah sakit, pembelian kendaraan pemadam kebakaran hingga perbaikan venue di Jakabaring Sport City.

“Semula memang sudah fix untuk bangun Convention Hall yang megah dan mewah. Tapi rencana itu dibatalkan karena sebenarnya Sumsel ada alternatif lain,” kata dia.

Herman Deru tak menampik dirinya khawatir jika nantinya keberadaan Convention Hall itu bakal membebani pemerintah provinsi, terkait biaya pemeliharaan. Selain itu, ia memastikan bahwa investor tingkat lokal juga bakal kesulitan untuk memanfatkannya mengingat biaya sewa yang terbilang tinggi.

“Mengapa saya minta bangunkan stadion di kabupaten, karena jika berkaca dari negara-negara maju yang sepak bolanya bagus, itu karena mereka menyediakan sarana dan prasarananya,” kata dia.

Sementara itu, Senior Manager CSR PTBA Zulfikar dalam kesempatan yang sama mengatakan, perusahaannya sangat bangga dapat membantu pembangunan infrastruktur di Sumsel.

Apalagi, ia melanjutkan, tak seperti sebelumnya, bantuan itu dapat menyasar kabupaten yang tidak berada wilayah ring satu perusahaan.

Kali ini, PTBA dapat membantu Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur untuk pembangunan stadion, Kabupaten Prabumulih berupa perenovasian stadion dan pembelian unit kendaraan pemadam kebakaran, sedangkan untuk Kota Palembang berupa unit kendaraan pemadam kebakaran dan pemberian alat medis untuk RS Islam Siti Khodijah Palembang.

Selain itu, PTBA juga andil dalam perbaikan Stadion Akuatik, Stadion Atletik, GOR Ranau dan shelter di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang.

“Total bantuan CSR yang diserahterimakan pada hari ini Rp25 miliar. Saat ini, kami sedang membangun enam gedung olahraga (GOR) di enam kabupaten Sumsel, yang ditargetkan dapat selesai dalam delapan bulan,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar