Grab luncurkan program bantu UMKM di Palembang tranformasi bisnis

id UMKM ,UMKM di Palembang,Grab,grab di Palembang,pelaku UMKM,info sumsel,berita palembang

Grab luncurkan program bantu UMKM di Palembang tranformasi bisnis

Peluncuran program Grab #TerusUsaha di Palembang yang dilakukan secara virtual, Kamis (16/7). (ANTARA/Dolly Rosana/20)

Palembang (ANTARA) - Aplikasi Grab meluncurkan program #TerusUsaha untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Palembang bertransformasi bisnis dari penjualan secara konvensional ke bisnis berbasis digital.

Head of West Indonesia Grab Indonesia Richard Aditya dalam acara peluncuran program tersebut yang dilakukan secara virtual, Kamis, mengatakan, Kota Palembang dipilih karena hasil riset menunjukkan program ini sangat dibutuhkan pelaku UMKM-nya.

Pada awal 2018, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan mencatatkan adanya sebaran UKM di Palembang mencapai 28.766 atau 26,5 persen dari total UKM di Sumatera Selatan.

Laporan tersebut juga mencatatkan, terbatasnya akses pasar menjadi salah satu hambatan berkembangnya UMKM di Palembang.

Di sisi lain, riset dari Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Tenggara Strategics, gig workers termasuk UMKM, di empat layanan yakni GrabBike, GrabCar, GrabFood, dan GrabKios secara keseluruhan sudah berkontribusi sebesar Rp643 miliar pada perekonomian Palembang pada tahun 2019.

“Tiga hal ini menunjukkan, pentingnya digitalisasi dan pembinaan untuk mendorong UMKM berkembang, karena kontribusi ekonominya yang sangat signifikan bagi kota Palembang,” kata dia.

Oleh karena itu, program #TerusUsaha yang siap menjadi solusi dalam percepatan transformasi digital ratusan ribu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Palembang.

Peserta terpilih akan mengikuti program pelatihan gratis selama 2,5 bulan yang difokuskan pada Business Assessment, Product Review dan Konsultasi. Berbagai topik juga akan dibahas termasuk legalitas, pemasaran, literasi keuangan, pengelolaan sumber daya, modal, hingga daya saing produk.

Para pemilik usaha kecil dapat mendaftarkan diri mereka di microsite www.grabforgood.id mulai 20 Juli 2020. Program pelatihan ini akan diberikan oleh praktisi yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, termasuk Irvan Helmi (pemilik Anomali Coffee), Hendy Setiono (pemilik Kebab Baba Rafi), dan juga pengajar dari DJKI Kemenkumham, Kementerian Keuangan, hingga dosen akademis.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kota Palembang Faizal AR dalam acara yang dilaksanakan secara virtual itu, mengatakan pemkot sangat menyambut baik aksi nyata dari Grab dalam membantu pelaku UMKM.

Program Grab berupa #TerusUsaha yang diluncurkan di Palembang, Kamis (16/7) ini juga sejalan dengan misi pemerintah dalam memajukan UMKM dengan digitalisasi agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

“Kami mengajak seluruh pelaku UMKM Palembang untuk ambil bagian dalam program #TerusUsaha agar dapat bertumbuh dan bersaing dengan lebih baik. Inilah gebrakan kita bersama, antara pemerintah, swasta dan masyarakat,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar