Pemkab OKU siapkan lahan pemakaman khusus pasien COVID-19

id pemkab oku,oku siapkan lahan makam covid-19,pemakaman pasien covid-19,virus corona,corona,covid oku,pemakaman khusus

Pemkab OKU siapkan lahan pemakaman khusus pasien COVID-19

Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan lahan pemakaman khusus jenazah pasien terkonfirmasi positif virus corona jenis baru (COVID-19) di wilayah setempat.

Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis di Baturaja, Kamis, mengatakan pemerintah daerah setempat telah menyiapkan lahan pemakaman untuk jenazah pasien positif virus itu di Desa Kurup, Kecamatan Lubuk Batang yang lokasinya relatif jauh dari pemukiman warga.

"Untuk penanganan pasien COVID-19 yang meninggal dunia, saya minta agar dibuatkan SK regu pemakaman oleh Dinas Sosial Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu)," katanya.

Dia menjelaskan hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya penolakan dari warga untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19 yang dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah setempat.

"Seperti di daerah lain yang banyak terjadi penolakan warga terkait pemakaman pasien COVID-19 ini," ujarnya.

Hanya saja, ia optimistis bahwa warga setempat dapat bijak mengambil keputusan untuk tidak melarang jenazah pasien terkonfirmasi COVID-19 dimakamkan di TPU di wilayah setempat.

"Karena selain dimakamkan sesuai protokol pemerintah, jenazah yang sudah meninggal juga tidak lagi membawa virus. Meskipun begitu kami sudah menyiapkan lahan khusus guna mengantisipasi penolakan warga," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar