Jelang akhir pekan, transaksi nilai kurs Rupiah tembus di bawah Rp16.000

id rupiah,dolar,kurs

Jelang akhir pekan, transaksi nilai kurs Rupiah tembus di bawah Rp16.000

Petugas menunjukan uang pecahan rupiah dan dolar AS di Valuta Inti Prima (VIP), Jakarta, Jumat (29/9). Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan sore di akhir pekan terpantau menguat tipis sebanyak 43 poin atau setara 0,32 persen ke posisi Rp13.472 per USD. "Day range" nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.300 per USD hingga Rp13.400 per USD. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/kye/17

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta menjelang libur akhir pekan menguat menembus level psikologis Rp16.000 per dolar AS.

Rupiah Kamis sore ditutup menguat 370 poin atau 2,28 persen menjadi Rp15.880 per dolar AS dari sebelumnya Rp16.250 per dolar AS.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis, mengatakan, pernyataan Dana Moneter Internasional (IMF) bahwa Indonesia salah satu negara di Asia yang tahan akan resesi akibat pandemi COVID-19 mengakibatkan pasar kembali tertarik pada Indonesia.

Selain itu, sentimen positif lainnya yaitu penerbitan surat utang global pemerintah dengan mata uang asing senilai 4,3 miliar dolar AS dengan tenor terpanjang 50 tahun atau setara Rp68,6 triliun (kurs Rp16.000 dolar AS).

"Pernyataan baik oleh IMF maupun Pemerintah membawa angin segar bagi perekonomian dalam negeri dan semua tahu bahwa fundamental ekonomi cukup bagus, sehingga rupiah kembali menguat dan penguatannya cukup tajam dan di bawah 16.000," ujar Ibrahim.

Sentimen lainnya, harga minyak meningkat didukung oleh harapan bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya akan mencapai kesepakatan pengurangan produksi pada Kamis ini.

Pertemuan konferensi video pada hari ini antara OPEC dan sekutu termasuk Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, diperkirakan akan lebih sukses daripada pertemuan mereka pada Maret lalu yang berakhir dengan kegagalan untuk memperpanjang pengurangan pasokan dan perang harga antara Arab Saudi dan Rusia.

Sentimen pasar naik karena ekspektasi kesepakatan dapat dicapai setelah laporan media menyatakan Rusia akan memangkas produksinya dan menteri energi Aljazair mengatakan ia mengharapkan pertemuan yang "bermanfaat".

Rusia siap untuk mengurangi produksi minyaknya sebesar 1,6 juta barel per hari, kantor berita TASS melaporkan, mengutip pejabat Kementerian Energi yang tidak disebutkan namanya sehari sebelum konferensi daring.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat di posisi Rp16.203 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp15.880 per dolar AS hingga Rp16.225 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp16.241 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp16.245 per dolar AS.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar