Gubernur Sumsel: Silahkan mudik asal siap diisolasi

id Mudik, odp,gubernur,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Gubernur Sumsel: Silahkan mudik asal siap diisolasi

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

....Silahkan pulang, hanya saja syaratnya mereka juga harus mau dan bersedia menjadi orang dalam pemantauan (ODP)....
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membolehkan warganya untuk mudik lebaran asal mengikuti isolasi dahulu.

Usai memimpin diskusi daring melalui aplikasi zoom mengenai solusi peliputan media massa Sumsel selama pandemi COVID-19 di Command Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu, gubernur menegaskan tidak melarang masyarakat khususnya mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di luar daerah untuk kembali ke daerah asal.

"Silahkan pulang, hanya saja syaratnya mereka juga harus mau dan bersedia menjadi orang dalam pemantauan (ODP)," ujarnya.

Gubernur mengaku sudah dengar beberapa mahasiswa mau pulang kampung tapi karena sudah viral himbauan agar jangan balik dulu.

"Kita ada solusi karena sudah menyiapkan Jakabaring Sport City untuk masyarakat mengisolasi diri kalau mereka mau dikarantina dulu tidak masalah, jadi ODP apalagi mereka datang dari daerah terpapar,” tegasnya.

Jadi, kata gubernur, kalau mereka punya kesadaran, silahkan kalau mau pulang tapi dengan cara khusus mereka harus mengisolasi diri, karena masyarakat sudah sangat sadar bahwa jika ada orang datang dari rantauan ini, ditolak sama warga bahkan sudah terjadi di beberapa daerah.

Gubernur juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Sumsel yang telah mentaati setiap himbauan yang dibuat pemerintah.

Mulai dari peningkatan Sumsel sebagai status waspada sampai tanggap darurat, dan saat ini dengan himbauan jangan pulang dulu yang viral dan punya dampak cukup signifikan untuk kedatangan orang di Provinsi Sumsel.

Memang, lanjut dia, terakhir kemarin diinformasikan penurunan angkutan di bandara dan kereta api bahkan hari ini PT KAI telah menutup angkutan penumpang pergi dan ke Palembang.