Polres OKU terjunkan ratusan personel amankan Pilkades 2020

id pilkades oku, polres oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Polres OKU terjunkan ratusan  personel amankan Pilkades 2020

Polres OKU menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades 2020. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerjunkan ratusan personel kepolisian setempat guna mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak 2020 di wilayah itu.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Arif Hidayat Ritonga melalui Kabag Ops, Kompol Mahmudin Ginting di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa pada pelaksanaan pilkades tahun ini pihaknya melibatkan sebanyak 181 personel untuk PAM dan TPS pengamanan pilkades serentak pada 5 Maret 2020 mendatang.

Selain itu, kata dia, sebanyak 83 personel juga akan ditugaskan pada 3 zona dan dibantu 100 personel lainnya untuk mengamankan proses pilkades di Kabupaten OKU.

"Khusus untuk pengamanan di daerah konflik kami akan menambah jumlah personel jika itu diperlukan," kata dia.

Menurut dia, dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2020 diperlukan sinegritas seluruh pihak terkait agar proses pemilihan nanti berjalan aman dan lancar.

"Koordinasi dengan pihak terkait juga mulai dari Camat, TNI, Polri serta perangkat lainnya terus kami lakukan untuk mensukseskan pilkades tahun ini," tegasnya.

Sementara itu, Dandim 0403 OKU, Letkol Arh Tan Kurniawan secara terpisah mengajak semua seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pilkades ini untuk bersinergi guna mensukseskan proses pemilihan kepala desa di wilayah setempat.

"Suasana netralitas harus selalu ditanamkan dan tidak memihak salah satu paslon pilkades dengan pendekatan persuasif guna menciptakan kedamaian," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten OKU, Ahmad Firdaus sebelumnya mengemukakan dalam proses pilkades serentak tahun 2020 di Kabupaten OKU diikuti sebanyak 74 desa yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah setempat.

"Ada 74 desa dari 12 kecamatan di OKU yang melaksanakan pilkades serentak tahun ini," katanya.

Untuk jumlah calon kepala desa yang ikut mencalonkan diri dalam kompetisi Pilkades di OKU tahun ini yaitu berjumlah 246 orang peserta.

"Ada sebayak 246 peserta yang memperebutkan 74 kursi kepala desa," ungkapnya.

Ia berharap kepada seluruh panitia pelaksanaan pilkades dapat menjelaskan tugas sesuai dengan pokok dan fungsinya agar tercipta pemilihan yang jujur dan adil.

"Kami juga dibantu oleh ratusan personel keamanan mulai dari jajaran TNI, Polri dan Satpol PP guna mensukseskan pilkades serentak khususnya di OKU," ujarnya.