Petani padi di Lubuk Raja Sumsel waspada serangan tikus

id Petani padi waspada hama tikus

Petani padi di Lubuk Raja Sumsel waspada  serangan tikus

Petani padi menjaga tanaman agar tidak diserang hama. ANTARA

Baturaja (ANTARA) - Sejumlah petani padi sawah di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan waspada terhadap serangan tikus terhadap tanaman pertanian mereka.

"Ya, berbagai jenis hama, seperti ulat dan tikus, saat ini mulai menyerang tanaman padi," kata salah seorang petani Kecamatan Lubuk Raja,  Saman, di Baturaja, Sabtu.

Dia mengemukakan cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah setempat sejak beberapa pekan terakhir berpengaruh terhadap tanaman padi tadah hujan mereka yang umumnya berumur 1-2 bulan.

"Salah satu ancaman dampak cuaca ekstrem ini yaitu serangan hama yang dapat mengancam tanaman padi yang sudah berumur 1-2 bulan," katanya.

Untuk mengantisipasi serangan ulat dan tikus tersebut, kata dia, para petani setempat menggunakan obat pembasmi hama yang dibeli dari toko pertanian dengan biaya sendiri.

"Hal tersebut dilakukan agar serangan hama tidak meluas," ungkapnya.

Seorang petani setempat lainnya, Sugiono, mengatakan meskipun belum terlalu luas, serangan tikus dan ulat tersebut, membuat petani siaga menjaga tanaman padi agar tidak dirusak hama tersebut.

Ia berharap, adanya bantuan dari pemerintah untuk mengatasi tikus dan ulat agar panenan mereka sesuai dengan harapan.

"Mudah-mudahan pemerintah cepat mengambil tindakan sebelum hama tersebut menyebarluas merusak tanaman padi," kata dia.