Bupati Batanghari ajak warga sukseskan Sensus Penduduk 2020

id Sensus penduduk tahun 2020

Bupati Batanghari ajak warga sukseskan Sensus Penduduk 2020

Bupati Batanghari Syahirsah bersama kepala Badan Pusa Statistik (BPS) Kabupaten Batanghari Maypen Hery mengimbau masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020. (Antara/HO/Diskominfo Batanghari

Jambi (ANTARA) - Bupati Batang Hari, Provinsi Jambi Syahirsah, mengajak seluruh lapisan masyarakat mensukseskan pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020.

"Kepada semua sesuai wewenang dan tugas, mari sama-sama membantu menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini, karena ini merupakan salah satu strategi pembangunan yang dapat kita lakukan,” kata Bupati Batanghari Syahirsah di Batanghari, Jambi, Selasa.

Seruan tersebut di Sampaikan Syahirsah saat menghadiri rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 di Ruang Pola Kantor Bupati.

Sensus penduduk 2020 tersebut bukan hanya mendata jumlah penduduk, namun juga melakukan pendataan lainnya yang di perlukan dalam pembangunan.

Tidak hanya menyerukan untuk menyukseskan sensus penduduk tahun 2020, Syahirsah turut menghimbau kepada seluruh peserta rapat koordinasi sensus penduduk 2020 untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat sekitar serta memberikan pengarahan dan penjelasan kepada masyarakat tentang sensus penduduk.

"Bagi yang hadir pada rakor hari ini diharapkan dapat menjelaskan kepada masyarakat dan memberikan pengaruh tentang sensus penduduk," kata Syahirsah.

Pada sensus penduduk tahun 2020 ini, terdapat dua perbedaan dalam sensus penduduk sebelumnya yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Dua perbedaan tersebut yakni, pada sensus penduduk tahun 2020 BPS akan menggunakan metode kombinasi. Sebelum petugas datang ke rumah penduduk untuk melakukan sensus, BPS akan menggunakan data Dukcapil untuk melakukan cek ulang dan update informasi kepada masyarakat secara langsung saat wawancara.

Yang kedua, pada sensus penduduk tahun 2020 ini, BPS untuk pertama kalinya menggunakan multimoda pengumpulan data. Artinya sensus penduduk tahun 2020 tersebut juga akan dilakukan secara daring (online) atau SP Online.

Sementara itu, pada acara rapat koordinasi tersebut turut hadir juga Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Batang Hari, Ir. Maypen Hery, ME, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Batang Hari, Para Kepala OPD dan para tamu undangan.*
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar