Pemkab Ogan Komering Ulu gandeng IPB majukan pertanian

id Ogan Komering Ulu, gandeng IPB,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Pemkab Ogan Komering Ulu gandeng IPB  majukan pertanian

Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis melakukan penandatanganan MoU di Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga Bogor. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam upaya memajukan sektor pertanian di wilayah setempat.

Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis di Baturaja, Selasa menyampaikan bahwa dalam memajukan sektor pertanian di wilayah setempat pihaknya menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor.

Dia menjelaskan, kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU di Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga, Bogor, tersebut tidak hanya mencakup bidang pendidikan, melainkan juga penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan.

Menurut dia, banyak potensi yang dapat dikembangkan melalui kerja sama riset dan penelitian tersebut sehingga diharapkan Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat menjadi sentra industri pertanian berbasis teknologi.

"Mudah-mudahan melalui kerja sama ini Kabupaten Ogan Komering Ulu kedepannya dapat menjadi daerah sentra industri pertanian berbasis teknologi," ucapnya.

Sementara itu, Rektor IPB Arif Satria menambahkan kerja sama dengan Pemkab Ogan Komering Ulu tersebut diperlukan agar proses transformasi melalui transfer pengetahuan dan inovasi dalam teknologi pertanian, peternakan serta perikanan bisa berjalan lebih efektif.

Menurut dia, sejauh ini Pemkab Ogan Komering Ulu didukung tenaga penyuluh yang memadai dan memiliki hubungan dekat dengan para petani dan peternak di wilayah itu.

"Hal ini akan memudahkan penumbuhan klaster pendampingan di daerah mulai dari pengembangan klinik tanaman hingga peningkatan produksi pertanian," ujarnya.