BPBD Ogan Komering Ulu siapkan posko kesiapsiagaan bencana alam

id BPBD siapkan Posko bencana alam,posko bencana,posko bencana alam,posko bencana Kabupaten OKU,bencana alam kabupaten OKU

BPBD Ogan Komering Ulu siapkan posko kesiapsiagaan  bencana alam

Kepala BPBD Kabupaten OKU, Amzar Kristopa. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiapkan posko kesiapsiagaan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah setempat.

"Bahkan, posko induk sudah kami siapkan di Kantor BPBD," kata Kepala BPBD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari Badan Geologi Kementerian ESDM bahwa Kabupaten OKU termasuk daerah rawan terjadi bencana alam khsusnya saat curah hujan yang diprediksi tinggi pada bulan Februari hingga Maret 2020.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya menyiapkan posko kesiapsiagaan di Kantor BPBD setempat dan beberapa kecamatan lainnya yang rawan terjadi bencana alam.

"Seperti posko di kecamatan Semidang Aji dan Lubuk Batang sudah kami siapkan karena kawasan ini temasuk daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor," katanya.

Selain posko kesiapsiagaan, lanjut dia, pihaknya juga menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang disiagakan untuk menanggulangi bencana alam di wilayah setempat.

"Karena bencana alam tidak dapat diprediksi bisa terjadi kapan saja sehingga kita harus siap menanggulanginya agar tidak menimbulkan korban jiwa," tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya yang bermukim di daerah rawan tanah longsor untuk selalu meningkatkan kewaspadaan agar dapat terhindar dari bencana alam.

"Bencana tanah longsor sudah terjadi di Kecamatan Ulu Ogan. Meskipun musibah tersebut dapat diatasi dan tidak menimbulkan korban jiwa, namun diharapkan dapat dijadikan pelajaran agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaannya," harapnya. ***3***