Petugas DPKP OKU ikuti pelatihan menanggulangi kebakaran

id Pelatihan petugas kebakaran

Petugas DPKP OKU ikuti pelatihan  menanggulangi kebakaran

Kepala DPKP Ogan Komering Ulu (OKU), Aminelson. (Foto : Antara News Sumsel/Edo Purmana).

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 12 orang petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengikuti pelatihan fire rescue atau penyelamatan api guna menanggulangi musibah kebakaran di wilayah itu.

"Pelatihan ini sekaligus untuk mempraktikkan pemanfaatan peralatan berikut teknis penggunaannya," kata Kepala DPKP OKU, Aminelson di Baturaja, Selasa.

Menurut dia, kegiatan fire and rescure ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pihaknya agar petugas pemadam kebakaran selalu tanggap dalam situasi apapun saat kondisi darurat.

"Kami selalu melakukan pelatihan sebelum menggunakan alat-alat yang perlu digunakan," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini para petugas dapat memperoleh pelatihan cara menggunakan peralatan dan tindakan ketika melakukan evakuasi terhadap korban bencana kebakaran.

Selain itu, lanjut dia para petugas pemadam kebakaran ini juga mendapatkan pelatihan penggunaan alat pertolongan yang cukup mudah digunakan dalam mengevakuasi korban kebakaran dengan menggunakan tali webbing.

"Alat ini dinilai lebih mudah digunakan dibandingkan harness," sebutnya.

Ia berharap, melalui pelatihan tersebut dapat meningkatkan kinerja para petugas pemadam kebakaran di DPKP OKU agar lebih tanggap dalam menanggulangi musibah kebakaran dan penyelamatan bencana lainnya di wilayah setempat.