Apar petugas damkar jinakan kobaran api balon udara di atap rumah warga

id Kebakaran Trenggalek, damkar Trenggalek, balon udara jatuh

Apar petugas damkar jinakan kobaran api balon udara di atap rumah warga

Petugas pemadam kebakaran saat mengevakuasi balon udara yang jatuh di rumah warga di Desa Ngulanwetan, Trenggalek, Sabtu (16/3/2024) (ANTARA/HO - Damkar Trenggalek)

Trenggalek, Jatim (ANTARA) -
Tim Wisanggeni, unit Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek berhasil memadamkan kobaran api yang dipicu balon udara jatuh menimpa atap rumah warga Desa Ngulankulon, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (16/3).
 
"Insiden terjadi kemarin pagi, sekitar pukul 05:30 WIB. Kebetulan ada tim Wisanggeni melintas saat balon udara jatuh menimpa atap rumah warga," kata Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Trenggalek Habib Solehudin di Trenggalek, Minggu.
 
Kebakaran lebih besar pun berhasil dihindarkan. Balon udara yang terbakar dipadamkan menggunakan APAR yang dibawa petugas.
 
Insiden itu sempat membuat pemilik rumah dan warga sekitar panik, lantaran plastik balon udara yang menyelubungi sebagian atap rumah milik Sekti Triono Raharjo itu terbakar tepat di atap rumahnya.
 
Dipaparkan, peristiwa itu bermula saat Triono melihat sebuah balon udara jatuh di atas genting rumahnya.
 
Balon udara itu mengeluarkan kobaran api.
 
 
"Saat itu dia sedang menyapu halaman dan melihat balon udara jatuh di atap rumahnya. Saat dilihat ada kobaran api dari balon udara itu," imbuhnya.
 
Mengetahui kejadian itu, dia segera berteriak meminta bantuan warga sekitar.
 
Sebab api semakin membesar lantaran material plastik balon udara yang mudah terbakar sehingga jika tidak segera dievakuasi bakal merembet ke rumahnya.
 
Untungnya saat itu dia melihat tim Wisanggeni tengah melintas di sekitar rumahnya.
 
"Kemudian yang bersangkutan memberhentikannya untuk meminta bantuan," ujarnya.