Dirut PDAM : Bayar rekening tagihan air bersih bisa gunakan ATM

id PDAM OKU tingkatkan pelayanan

Dirut PDAM : Bayar rekening tagihan air bersih bisa gunakan ATM

Bupati OKU, Kuryana Azis meresmikan sistem pembayaran tagihan rekening air bersih PDAM setempat melalui ATM. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Abi Kusno menegaskan mulai hari ini pelanggan dapat membayar tagihan air bersih melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Sumsel Babel.

"Mulai sekarang para pelanggan tidak perlu repot lagi ke kantor pos dan loket untuk membayar rekening tagihan air bersih," kata Abi Kusno saat penandatanganan kerja sama sekaligus launching pembayaran tagihan PDAM Ogan Komering Ulu (OKU) lewat Bank Sumsel Babel bersama pihak bank terkait di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, terhitung mulai hari ini seluruh pelanggan yang ingin membayar tagihan air bersih dapat dilakukan lewat ATM atau mobile banking.

Dia menjelaskan, kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan Bank Sumsel Babel ini merupakan terobosan yang dilakukan untuk mempermudah para pelanggan dalam memenuhi kewajibannya membayar rekening air bersih.

Ia berharap, melalui terobosan ini dapat menekan angka pelanggan yang menunggak membayar rekening tagihan air bersih setiap bulannya.

"Sebab selama ini hampir 40 persen pelanggan PDAM OKU terdata sering kali menunggak membayar tagihan setiap bulannya," tegasnya.

Selain itu kata dia, pihaknya juga bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat OKU yang ingin memasang sambungan jaringan pipa air bersih di rumah warga.

"Jadi mulai sekarang bagi warga yang ingin memasang jaringan pipa air bersih ke rumahnya cukup mengisi formulir yang telah kami siapkan," katanya.

Melalui formulir tersebut, lanjut dia, petugas operator PDAM OKU akan membuka aplikasi online yang telah disiapkan oleh pihak Bank Sumsel Babel.

"Aplikasi ini bisa mengukur panjang atau jarak dari pipa induk ke rumah pelanggan. Jadi nantinya kami tidak perlu repot lagi menugaskan tim teknik untuk survey ke lapangan," ungkapnya.

Selanjutnya, petugas akan menghitung berapa besar biaya yang wajib disetor calon pelanggan baru dan jika sepakat, maka mereka tinggal membayarnya lewat ATM atau mobile banking.

"Jadi nanti semuanya serba praktis dan transparan," tegas Abi.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Sumsel Babel, Oktiandi mengatakan bahwa kerjasama dengan PDAM OKU dalam pembayaran tagihan rekening air bersih melalui ATM ini merupakan yang pertama kali di Sumsel.

"PDAM OKU saat ini akan menjadi perusahaan daerah percontohan di Sumsel. Sebab sekarang PDAM di kabupaten/kota lainnya juga ingin melakukan kerjasama serupa dengan Bank Sumsel Babel," ujarnya.***1***