Kapolda Sumsel makan bersama 850 personel satgas Karhutla

id Kapolda, karhutla, pasukan karhutla, satgas karhutla

Kapolda Sumsel  makan bersama 850 personel satgas Karhutla

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri didampingi Bupati OKI Iskandar makan bersama satgas karhutla. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Firli Bahuri makan nasi bungkus bersama 850 personel gabungan Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang bertugas mengendalikan dan memadamkan karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Makan nasi bungkus bersama pasukan gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Basarnas, BNPB dilakukan Irjen Pol Firli didampingi Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar seusai apel konsolidasi pasukan BKO Karhutla di lapangan Pemkab setempat, di Kayu Agung, Minggu.

"Hari ini saya meluangkan waktu memimpin apel konsolidasi pasukan BKO Karhutla di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk mengecek kondisi dan memberikan motivasi pasukan," ujar Kapolda.




Jumlah personel penanganan karhutla yang di BKO-kan di wilayah kabupaten yang tergolong cukup parah terjadi karhutla pada musim kemarau 2019 ini sebanyak 850 orang dengan perincian Polri 500 personel, TNI 300, BNPB 30, dan Satpol PP 20 personel.

Dalam beberapa pekan terakhir, Subsatgas I Karhutla telah melaksanakan pemadaman karhutla di 28 desa dalam wilayah 12 kecamatan dengan jumlah titik api yang dipadamkan sebanyak 71 titik.

Pasukan gabungan itu berhasil melakukan pemadaman api pada lahan gambut seluas 250 hektare, keberhasilan itu perlu diapresiasi karena dapat menghilangkan kabut asap yang beberapa bulan terakhir menimbulkan gangguan kesehatan dan berbagai aktivitas masyarakat.



"Pasukan yang telah melaksanakan tugas sejak 25 Oktober 2019 hingga 3 November ini jika dihitung harinya pendek, tapi saya tahu betul betapa sulitnya rekan-rekan di lapangan dengan segala keterbatasan, tetapi bisa menunjukkan dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," ujar jenderal polisi yang akan menduduki posisi Ketua KPK itu.

Pengabdian personel satgas gabungan tersebut adalah tugas dalam rangka mewujudkan tujuan negara yang antara lain melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Tugas-tugas yang rekan-rekan laksanakan membuktikan bahwa satgas karhutla sudah memberikan andil besar dalam rangka memberikan perlindungan kepada segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Melalui apel konsolidasi dan keberhasilan yang dicapai, penugasan satgas BKO di Subsatgas I Ogan Komering Ilir dinyatakan selesai, selanjutnya pasukan bisa kembali ke markas masing-masing.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar