Pemkab Ogan Komering Ulu tumbuhkan minat baca sejak dini

id baca menulis,hobi baca,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Pemkab Ogan Komering Ulu  tumbuhkan minat baca sejak dini

Arsip- Sejumlah murid belajar menulis di sebuah sekolah alternatif. (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menumbuhkan minat baca sejak dini bagi masyarakat khususnya anak-anak di wilayah itu.

"Karena selain menjadi cerdas, membaca buku juga dapat menambah pengetahuan anak sehingga harus dibiasakan sejak dini," kata Kepala Dinas Pendidikan Ogan Komering Ulu (OKU), Teddy Meilwansyah di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, kebiasaan membaca buku sangat penting ditanamkan pada diri anak-anak sejak dini agar anak menjadi cerdas dan memiliki pengetahuan luas untuk meraih cita-citanya.

"Dalam hal ini peran serta para pendidik khususnya di lembaga pendidikan usia dini sangat penting untuk mendorong anak agar gemar membaca," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, Dinas Pendidikan OKU saat ini gencar menggelar sosialisasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang melibatkan tenaga guru sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) agar menanamkan minat baca pada anak didiknya sedini mungkin.

"Dalam sosialisasi TBM ini kami melibatkan puluhan peserta dari tenaga pendidik di sejumlah sekolah tingkat PAUD di Kabupaten OKU agar terus mendorong anak didiknya untuk gemar membaca," tegasnya.

Dia menjelaskan, sosialisasi TBM tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan program pemerintah pusat dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkulitas.

"Tujuan sosialisasi TBM ini adalah untuk mewujudkan masyarakat gemar membaca dan menulis," jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut, ia berharap agar para guru lebih kreatif dalam mengemas ide supaya menumbuhkan minat membaca bagi siswa sehingga kreatifitas anak dapat tergali dengan baik.

"Kami juga memberikan bantuan buku bacaan kepada lima sekolah PAUD di OKU untuk ditempatkan di perpustakaan sekolah agar siswa lebih semangat membaca buku," katanya.