Bupati OKU Timur sambangi Desa Mendah tinjau pembangunan infastruktur

id OKU timur

Bupati OKU Timur sambangi Desa Mendah tinjau pembangunan infastruktur

Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi menyambangi Dusun Villa Masin, Desa Mendah, Kecamatan Jayapura, Kabupaten OKU Timur, Rabu (9/10) untuk meninjau realisasi pembangunan dan program pemerintah. (ANTARA/HO/19)

Martapura, OKU Timur (ANTARA) - Bupati Ogan Komering Ulu Timur HM Kholid Mawardi menyambangi Dusun Villa Masin, Desa Mendah, Kecamatan Jayapura, Kabupaten OKU Timur, Rabu (9/10) untuk meninjau realisasi pembangunan dan program pemerintah.

Kunjungan kerja ini juga diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Timur Ismaya Hera Wardanie.

Kholid Mawardi dalam pidatonya di hadapan masyarakat Desa Mendah, mengatakan, Pemkab OKU Timur telah mengusulkan kurang lebih 300 hektare hutan kawasan ke kementerian terkait untuk dikelola masyarakat menjadi perkebunan buah-buahan guna menambah pendapatan.

“Lahan ini kami arahkan agar digunakan masyarakat untuk ditanami mangga, jeruk dan nangka,” kata dia.

Ia mengatakan proses pemanfaatan hutan kawasan ini tinggal menunggu finalisasi dari kementerian terkait karena sudah masuk dalam program Tanah Objek Reformasi Agraria(TORA). Dalam program tersebut, terdapat tanah seluas 754 hektare yang bisa dibuatkan sertifikatnya dan 6.818 hektare yang bisa digunakan untuk perkebunan sosial.

Pada kunjungan ke Desa Mendah ini, Kholid membagikan bantuan ribuan bibit alpukat dan mangga untuk ditanami warga di pekarangan rumah sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

Selain memiliki kepedulian terhadap kegiatan ekonomi masyarakat, ia menambahkan, pemkab juga memastikan adanya perbaikan infrastruktur, seperti penyediaan fasilitas air bersih.

“Sumber air di Bukit Vila Masin sangat banyak, maka tahun depan kami akan bangunkan instalasi air bersih di Dusun Vila Masin, Desa Mendah mengingat Vila Masin berada di gugus Bukit Barisan,” kata dia.

Sementara Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya pada kesempatan tersebut, mengimbau masyarakat Villa Masin untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Selain itu, terkait rencana penggunaan lahan hutan kawasan, ia mengharapkan masyarakat bersabar agar tidak terjadi pelanggaran hukum dalam pengelolaan lahan.

Senada, Kajari OKU Timur Ismaya Hera Wardanie juga mengharapkan masyarakat Villa Masin dan sekitarnya bersikap bijak karena pemerintah telah berusaha mengusulkan agar tanah kawasan dapat diolah oleh masyarakat. “Diharapkan bersabar, tunggu benar-benar sah dan legal,” kata dia. (Adv)
 
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar