PDAM Ogan Komering Ulu perbaiki jaringan distribusi air bersih

id pdam oku,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

PDAM  Ogan Komering Ulu perbaiki jaringan distribusi air bersih

Teks Foto : Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno. (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memperbaiki jaringan distribusi air bersih ke pipa pelanggan di Kecamatan Baturaja Barat yang terganggu sejak beberapa hari terakhir.

"Gangguan jaringan ini disebabkan karena Ponton Apung Intake atau mesin penyedot air di Unit Pengolahan (UP) Tanjung Agung posisinya miring sehingga harus diperbaiki," kata Direktur PDAM Ogan Komering Ulu (OKU), Abi Kusno melalui Kepala UP Tanjung Agung, Masri di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, miringnya posisi mesin penyedot dari letak sebelumnya tersebut akibat dari dangkalnya Sungai Ogan sejak musim kemarau panjang.

"Seharusnya posisi ponton mengapung rata dengan permukaan air. Akibatnya ponton ini rusak dan bocor," jelasnya.

Selain itu, kata dia, kebocoran ponton ini juga disebabkan karena faktor usia pada mesin penyedot air dengan kapasitas 50 liter/detik tersebut yang memang sudah layak diganti baru.

"Karena faktor usia membuat ponton ini mudah keropos sehingga memudahkan air masuk ke ruang udara," kata dia.

Dampak dari kerusakan mesin penyedot air tersebut, lanjut dia, berdampak pada distribusi air bersih pelanggan PDAM OKU di sejumlah kelurahan di Kecamatan Baturaja Barat menjadi terganggu.

Sejak lima hari terakhir distribusi air ke pipa pelanggan di Kelurahan Talang Jawa, Air Gading dan sebagian Kelurahan Sukajadi terganggu, bahkan dihentikan pihaknya selama dilakukan perbaikan.

"Mudah-mudahan hari ini perbaikan yang dilakukan petugas kami di lapangan dapat selesai sehingga air bersih ke pipa pelanggan lancar kembali," harapnya.