Deputy : Program lapor strategis tampung aspirasi masyarakat

id deputy, lapor,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

Deputy : Program lapor strategis tampung aspirasi masyarakat

Asisten III Pemprov Sumsel Eduar Juliartha (Dok.Antara)

Palembang (ANTARA) - Deputy Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Diah Natalisa mengatakan, program layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat atau Lapor melalui sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional sangat stragetis dalam menampung aspirasi masyarakat.

"Program tersebut sebagai bentuk pelayanan publik yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Apalagi program tersebut untuk mempercepat pengawasan oleh masyarakat terhadap layanan publik yang diberikan pemerintah," katanya saat sosialisasi Lapor Goes To Kampus di Unsri Palembang, Jumat.

Memang, lanjut dia, pemerintah perlu diberikan masukan antara lain melalui laporan dari masyarakat. Yang jelas masyarakat dan pemerintah saling mendukung dalam mengisi pembangunan, sehingga berjalan lancar. Oleh karena itu pengawasan sangat penting, sehingga pelaksanan pemerintahan tepat sasaran.

Sementara Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten Administrasi Umum Eduar Juliartha mengatakan,Pemprov Sumsel mendukung pemanfaataan aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (Lapor) melalui sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional (SP4N) sangat stragetis dalam menampung aspirasi masyarakat.

Apalagi  Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional ( Lapor SP4N) dan sosialisasinya yang dilaksanakan sekarang ini untuk memberikan pemahaman mahasiswa dan kepada masyarakat.

"Hal ini karena Lapor merupakan sarana komunikasi yang baik dalam menyampaikan aspirasi dan merupakan media berjaringan atau online rakyat untuk pengaduan dari masyarakat kepada pemerintah," ujar dia.

Selain itu program tersebut untuk mempermudah masyarakat memberikan pengawasan mulai dari kabupaten dan kota hingga tingkat pusat.

Dengan adanya program tersebut maka persoalan mendasar dapat diambil karena sudah ada medianya, ujar dia.

Dalam acara tersebut juga hadir Rektor Unsri Prof Anis Saggaff, Sekjen Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta undangan lainnya.