SMP di Palembang mundurkan jam masuk siswa akibat asap

id SMP, jam masuk, diundur,asap,karhutrla,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari ini

SMP di Palembang mundurkan  jam masuk siswa akibat asap

Kabut asap akibat karhutla di Sumsel. (FOTO ANTARA/dok.)

Palembang (ANTARA) - Sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Palembang mulai Senin memundurkan jadwal masuk siswa  untuk menghindari kabut asap.

Selama ini jam masuk siswa pukul 07.00 WIB, dan saat ini berubah menjadi pukul 07.40 WIB karena kabut asap sudah mulai terjadi.

Pantauan ANTARA di SMPN 18 kawasan Universitas Palembang, Senin kelihatan siswa masih ramai datang ke sekolah walaupun jam sudah menunjukkan pukul 07.20 WIB.

Padahal selama ini mulai pukul 07.00 WIB tidak ada lagi siswa yang berada di luar ruangan karena sudah masuk sekolah.

Sebenarnya untuk SMA sudah diterapkan tetapi untuk tingkat SMP di Palembang baru sekarang ini jam masuk siswa diundur.

Berdasarkan informasi diundurnya jadwal masuk itu sesuai kebijakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang yang berlaku untuk SD dan SMP.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo mengatakan, siswa SD dan SMP bisa saja mengundurkan jam masuk sekolah bila terjadi kabut asap.

Menurut dia, walaupun untuk SD dan SMP menjadi kewenangan Dinas Kabupaten dan Kota tetapi bila ada kabut asap harus menyesuaikan.

Ia menegaskan jadwal masuk sekolah yang diundurkan itu untuk menghindari agar siswa terhindar dari paparan kabut asap yang  dalam waktu lama bisa mengakibatkan terjangkit penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini mengatakan, memang sekarang ini sudah banyak anak - anak yang terjangkit ISPA.

"ISPA antara lain dapat diakibatkan karena paparan asap yang lama sehingga itu harus dihindari," katanya.