Satgas Karhutla berhasil padamkan kebakaran gambut di Jakabaring

id gambut, dandim

Gambut terbakar (Dok.Penrem)

Palembang (ANTARA) - Satuan Tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Palembang berhasil memadamkan kebakaran lahan gambut di kawasan olahraga Jakabaring Palembang.

Areal komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang sebagian besar masih lahan gambut, sehingga pada musim kemarau rawan terjadi kebakaran, kata Dandim 0418/Palembang Letkol Arm Widodo Noercahyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Kamis.

Bahkan, lanjut dia, Rabu petang terjadi kebakaran di lahan gambut di sekitar fasilitas olahraga dayung dan pada malamnya sudah dapat dipadamkan.

Oleh karena itu jajarannya selalu siaga dalam mencegah agar kebakaran lahan tidak terjadi kembali, ujar dia.

Menurut dia, setelah menerima laporan terjadinya kebakaran di lahan gambut sekitar fasilitas dayung Jakabaring pihaknya bergegas melakukan pemadaman sehingga api cepat diatasi.

Dengan kegigihan para personel Satgas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang dipimpin langsung Dandim 0418/Palembang sehingga api dapat dipadamkan sekira pukul 22.30 WIB.

Dalam pemadaman kebakaran gambut itu dengan dibantu 3 unit mobil pemadam kebakaran dari PBK Kota Palembang maupun BPBD Sumsel.

Dengan kejadian kebakaran tersebut, maka pihaknya terus melakukan koordinasi dengan intansi terkait dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah agar tidak terjadinya kebakaran.

Yang jelas dengan kesiapsiagaan tim gabungan pencegahan kebakaran maka api cepat dapat dipadamkan, ujar Dandim.

Memang pihaknya terus siaga dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan sehingga kabut asap tidak timbul.

"Apalagi saat musim kemarau areal kering seperti gambut rawan terbakar sehingga pencegahan harus terus dilaksanakan," tambah dia.
 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar