Kodim 0403 tingkatkan ketahanan pangan lewat budi daya ikan gabus

id Budi daya ikan, ikan gabus, ketahanan pangan, Dandim 0403, Pemkab OKU

Kodim 0403 tingkatkan ketahanan pangan lewat budi daya ikan gabus

Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan melakukan upaya peningkatan ketahanan pangan melalui program budi daya ikan gabus guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan, kami memiliki program unggulan yaitu budi daya ikan gabus," kata Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine di Baturaja, Kamis.

Program ini dicanangkan sebagai bentuk upaya jajaran TNI dalam menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan khususnya di Kabupaten OKU.

Pihaknya mendorong pengembangan budi daya ikan gabus yang dilakukan kelompok pembudidaya Karya Mandiri di Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja agar semakin berkembang.

Adanya demplot ikan gabus ini diharapkan dapat meningkatkan dan mendukung  ketahanan pangan di OKU sehingga perekonomian masyarakat dapat lebih meningkat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan yang terpenting bisa menciptakan ketahanan pangan di Indonesia yang luar biasa," katanya.

Hanya saja, ia mengakui saat ini memang ada beberapa kendala yang dihadapi di mana musim kemarau dan anomali cuaca terjadinya El-Nino yang sangat berpengaruh dalam budi daya ikan gabus.

"Musim kemarau panjang cukup berdampak karena ada beberapa kolam ikan yang kering," ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Pemkab OKU dan kelompok budidaya ikan gabus Karya Mandiri untuk membuat pompa air guna memenuhi kebutuhan air di kolam ikan.

"Termasuk juga kami mengkoordinasikan pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten OKU," ujarnya.*