Jelang lebaran, harga ikan gabus giling di Palembang melambung

id ikan gabus, bahan baku pempek, harga ikan melambung

Jelang lebaran, harga ikan gabus giling di Palembang melambung

Ilustrasi - ikan gabus (antaranews Kalsel/Hasan Z)

Palembang (ANTARA) - Harga ikan gabus giling, bahan baku utama pempek di Palembang, Sumatera Selatan, melambung menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

Harga ikan gabus giling sejak sepekan terakhir bergerak naik dari Rp60.000 per kilogram dan kini Selasa menjelang satu hari (H-1) Lebaran melambung hingga di atas Rp90.000 per kg.

Pemilik usaha Pempek Sodop di Jalan Bidar Kampus POM IX Palembang, Fakhlani, mengeluhkan lonjakan harga ikan gabus bahan baku utama pembuatan makanan khas warga Bumi Sriwijaya itu.

Menurut dia, harga ikan gabus melambung karena warga kota ini banyak membutuhkan bahan baku utama pembuatan pempek untuk hidangan pada Hari Raya Idul Fitri.

Kondisi tersebut cukup menyulitkan karena selain harus mengeluarkan biaya produksi yang lebih besar juga membuat dirinya harus berkeliling ke sejumlah pasar untuk mendapatkan ikan gabus dalam jumlah banyak untuk memenuhi pesanan warga yang akan menyuguhkan makanan khas tersebut di perayaan hari keagamaan umat Islam itu dan buah tangan kepada kerabat.

Sementara pedagang ikan di pasar tradisional Sekip Ujung, Suwandi, menjelaskan harga ikan gabus sekarang ini melonjak hingga Rp90.000 per kg.

Melonjaknya harga ikan gabus sekarang ini dipengaruhi permintaan cukup tinggi sementara pasokan tetap.

"Pasokan ikan dari sejumlah daerah sekitar Palembang ke pasar ini tidak bisa mengimbangi tingginya permintaan, kondisi tersebut mendorong harga bahan baku pempek itu melambung," kata Suwandi.