Gubernur Sumsel: OKU jadi percontohan budi daya ikan gabus

id Kampung Perikanan, Ikan Gabus, Gubernur Sumsel, PJ Bupati OKU

Gubernur Sumsel: OKU jadi percontohan budi daya ikan gabus

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas bibit ikan di kolam dalam peresmian Kampung Ikan Gabus di Kabupaten OKU, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru menyebut bahwa Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi daerah percontohan dalam budi daya ikan gabus di provinsi setempat.

"Saya mengapresiasi, karena ketika daerah lain terlena, Kabupaten OKU sudah berbuat dengan membudidayakan ikan gabus,” kata Herman Deru saat meresmikan Kampung Budi Daya Ikan Gabus di Desa Martajaya, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU, Minggu.

Kampung Budidaya Ikan Gabus di atas lahan seluas satu hektare ini masuk dalam program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Dalam program ini pemerintah ingin mengubah cara pandang masyarakat dari konsumtif menjadi produktif.

Menurut Deru, banyak manfaat dari ikan gabus, selain untuk dikonsumsi, ikan air tawar ini juga bisa dijadikan obat, bahkan albuminnya di ekspor ke China. “Saya berharap Kampung Budi Daya Ikan Gabus di OKU ini menjadi contoh bagi kabupaten lain di Sumsel dalam upaya menyejahterakan masyarakat," ujarnya.