Kapal Ramadhan ACT Sumsel sambangi "Pulau Salah Nama" salurkan bantuan

id pulau salah nama,Pulau salah nama banyuasin,Act sumsel berbagi,Sobat literasi jalanan,Paguyuban motor sriwijaya,Kapal Ra

Branch Manager ACT Sumsel Ardiansyah menyerahkan paket bantuan kepada tokoh masyarakat Pulau Salah Nama Kabupaten Banyuasin, Syahrul, Sabtu (18/5) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/19)

....ACT Sumsel selama dua tahun terakhir selalu menyalurkan bantuan kepada warga Pulau Salah Nama, wilayah ini merupakan desa binaan kami....
Palembang (ANTARA) - Kapal Ramadhan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan bersama rombongan komunitas di Kota Palembang menyambangi Pulau Salah Nama untuk menyalurkan paket bantuan.

Kapal Ramadhan tiba di Pulau Salah Nama pada Sabtu Sore, membawa 85 dus paket bantuan bersama komunitas Sobat Literasi Jalanan, Paguyuban Motor Sriwijaya, Masyarakat Relawan Indonesia, Gojek-Grab Jakabaring, dan Gemar Berbagi Palembang.

"ACT Sumsel selama dua tahun terakhir selalu menyalurkan bantuan kepada warga Pulau Salah Nama, wilayah ini merupakan desa binaan kami yang akan terus kami bantu," ujar Branch Manager ACT Sumsel Ardiansyah kepada Antara.

Menurut Ardi, paket bantuan tersebut berasal dari donatur ACT dan donasi komunitas yang dibagikan kepada 85 kepala keluarga penghuni Pulau Salah Nama.

Selain pembagian paket, para komunitas yang datang juga menghibur puluhan anak-anak dengan mendongeng dan berbuka bersama, keceriaan pun tampak dari wajah mereka.

Pulau Salah Nama terletak di wilayah perairan Sungai Musi Kecamatan Mariana Kabupaten Banyuasin yang dihuni sejak 1960-an, meski demikian kondisi ekonomi masyarakatnya kurang sejahtera.

Sebagian besar masyarakat Pulau Salah Nama bekerja sebagai nelayan dan petani, semuanya berasal dari Suku Pemulutan Ogan Ilir, tidak ada fasilitas pendidikan serta kesehatan di pulau tersebut, mereka harus menyebrang jika ingin berobat atau sekolah.

"Kami mengajak pemerintah daerah maupun stakeholder terkait agar bersama-sama mengangkat kesejahteraan warga Pulau Salah Nama, di sini akses penyebrangan masih terbatas, padahal potensinya banyak," jelasnya.

Selain Pulau Salah Nama, ACT Sumsel juga akan membagikan paket bantuan ke 10 kabupaten/kota di Sumsel selama Ramadhan, seiring meningkatnya kedermawanan masyarakat yang berdonasi ke ACT.

Sementara tokoh masyarakat Pulau Salah Nama, Syahrul, mengucapkan terima kasih karena ACT menjadi pihak yang paling sering menyalurkan bantuan kepada masyarakat setempat.

"Kami senang dibantu ACT, ke depan kami harap ACT bisa membantu masyarakat di sini untuk mengangkat potensi-potensi lain, misalnya tambak lele, mungkin bisa di bantu permodalanya," ujar Syahrul.

Bagi masyarakat yang ingin berbagi berkah di bulan Ramadhan, ACT Sumsel membuka kesempatan setiap hari untuk berdonasi melalui rekening BNI Syariah ( 66 0000 5505 ), atau langsung datang ke kantor Cabang ACT Sumsel di Jl. Jendral Sudirman km 3.5.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar