Wagub: Kebun Raya Sriwijaya dijadikan tempat penelitian

id Mawardi Yahya,Kebun Raya Sriwijaya,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara sumsel hari ini

Wagub: Kebun Raya Sriwijaya dijadikan tempat penelitian

Wakil Gubenur Sumatera Selatan Mawardi Yahya. (Instagram)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya mengatakan Kebun Raya Sriwijaya akan dijadikan tempat penelitian terutama bagi para mahasiswa.

"Memang sejak 2013 sudah banyak perwakilan universitas berdatangan untuk memelajari bagaimana proses penanaman di lahan basah di kebun tersebut," kata Wagub di Palembang, Senin.

Untuk itu, Wagub minta pohon yang ditanam di Kebun Raya Sriwijaya tersebut harus bibit unggul.

Apalagi di lahan tersebut terdapat lahan basah dan gambut sehingga pohon harus bertahan lama, ujar dia.

"Cari bibit unggul karena Kebun Raya Sriwijaya itu menjadi percontohan," kata dia.

Kebun Raya Sriwijaya ini merupakan salah satu kebun yang menjadi prioritas pembangunan daerah Sumatera Selatan sejak tahun 2013.

Dia mengatakan dalam kebun tersebut banyak ditanami tanaman obat dan tanaman lainnya.

Dia mengatakan bila diperinci dari sekitar 100 hektare lahan yang ada saat ini sudah lebih kurang 40,7 hektare yang ditanami dengan berbagai jenis pepohonan.

Sementara Kepala Bappeda Sumsel Ekowati Retnaningsih mengakui Kebun Raya Sriwijaya sangat tepat bila dijadikan tempat penelitian.

"Hal ini karena areal Kebun Raya Sriwijaya hanya satu-satunya di Sumsel yang memiliki lahan basah se-Indonesia," ujar dia.

Kebun Raya Sriwijaya berada di Desa Bakung Kecamatan Inderlaya Utara Kabupaten Ogan Ilir, letaknya di kawasan ATP II dekat dengan komplek Agro Techno Park I (ATP I).