Satu pabrik gula lagi bakal beroperasi di Sumsel

id pabrik gula,PT Pratana Nusantara Sakti,swasembada gula,Akhmad Najib,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel

Akhmad Najib. (ANTARA News Sumsel/Ist/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Satu pabrik gula lagi yakni PT Pratana Nusantara Sakti bakal beroperasi di Sumatera Selatan pada 2019 sehingga dapat mendukung target pemerintah dalam swasembada gula.

Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Pemprov Sumsel Akhmad Najib di Palembang, Kamis, mengatakan, dengan tambahan satu pabrik maka praktis ada tiga pabrik gula di Sumsel di mana dua lainnya yakni PTPN 7 dan PT Laju Perdana Indah.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan dukungannya untuk berkontribusi produksi gula, guna mewujudkan swasembada gula nasional," katanya.

Sejauh ini terdapat empat perusahaan perkebunan tebu di Sumsel, yakni PTPN 7 Cinta Manis, PT Laju Perdana Indah, PT Pratama Nusantara Sakti, dan PT Pemuka Sakti Manis Indah sehingga sangat memungkinkan jika terjadi penambahan pabrik gula.

Najib mengungkapkan, dari sisi produktivitas, Provinsi Sumsel tak mengalami masalah, hanya saja pemenuhan kebutuhan yang dinilai masih kurang.

Jika dilihat hasil produksi 2018 diketahui dari dua pabrik gula yang beroperasi baru mencapai 77.670 ton, sementara konsumsi gula di Sumsel mencapai 79.002 ton per tahun. Jadi, ada kekurangan sebesar 2.670 ton.

"Lahan dari beberapa pabrik sudah Hak Guna Usaha (HGU), sudah tanam dan produksi hanya tinggal melihat pemanfaatan dan kendalanya. Luasannya sekitar 30.000 Ha, yang tersebar di OKI, OKU Timur, di OI sebagian," ujar Najib.

Penambahan satu pabrik gula di Sumsel ini diharapkan dapat memudahkan proses produksi karena selama ini untuk beberapa lokasi perkebunan terpaksa melakukan penggilingan di Lampung.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar