Waspadai hujan ekstrim di Sumsel masih akan terjadi

id hujan,bmkg,banjir,cuaca

Waspadai hujan ekstrim di Sumsel masih akan terjadi

Warga berada di dalam rumahnya yang terendam banjir di Sekip Bendung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (13/11/2018). Intensitas hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah daerah di Palembang banjir. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan terus menghimbau kepada masyarakat aga waspada dengan cuaca ekstrim hujan intensitas lebat. 

"Potensi cuaca ekstrim seperti akan terjadi hujan siang, sore hingga malam hari, atau hujan deras dengan waktu yang cukup akan lebih sering terjadi," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi (BMKG) Wilayah Sumsel Sultan Mahmmud Badarudin II, Bambang Beny Setiaji, Rabu. 
 
Ia juga menyampaikan khusus para masyarakat yang memiliki aktifitas di sungai untuk lebih berhati-hati terhadap cuaca.

"Sekarang memasuki musim hujan, didaratan saja mengkhawatirkan apa lagi yang sehari-harinya bermukim disungai," katanya.

Beny menambahkan untuk masyarakat terus memantau informasi kondisi cuaca agar bisa menjadi pertimbangan untuk melakukan aktivitas.

"Sebagian informasi saja untuk wilayah sungai diusahakan tetap memantau kondisi dan informasi cuaca dan lebih sering, apa lagi yang melakukan kegiatan di sungai pagi hingga siang hari untuk menghindari cuaca ekstrim dan dampaknya," tambahnya.

Ia juga mengatakan karena potensi hujan bisa saja terjadi kapan pun, masyarakat juga memperhatikan lingkungan sekitar.

"Pastinya sampah, selokan mampet, penebangan liar, bukit gundul juga menjadi salah satu faktor terjadinya banjir, jadi mari diperhatikan," tutupnya.