Korem Garuda Dempo siagakan Babinsa cegah kebakaran hutan dan lahan

id Kolonel Info Iman Budiman,Babinsa cegah kebakaran hutan dan lahan,babinsa,cegah kebakran hutan,cegah kebakaran lahan,Mayjen TNI Irwan,Kapolda Sumsel,I

Komando Resort Militer (Danrem) 044/Garuda Dempo, Kolonel Inf Iman Budiman (tengah) (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Korem 044/Garuda Dempo menyiagakan Bintara pembina desa dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan/kebun (Karhutla) di wilayah teritorial setempat yang meliputi 6 kodim di Sumatera Selatan.

Selain menyiagakan Babinsa pihaknya juga menerjunkan personel Yonif 141/AYJP, kata Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Info Iman Budiman di Palembang, Kamis.

"Kami tetap siaga dengan menyiapkan personel dari Yonif 141/AYJP, Babinsa Kodim 0430/Banyuasin dan personel dari BPBD," kata Dansatgas Kerhutla itu.

Selain itu, pihaknya secara terus menerus berkoordinasi dengan Manggala Agni serta masyarakat peduli api di wilayah Banyuasin termasuk dengan Sub Satgas Udara.

Untuk tim dari TNI yang tergabung dalam Sub Satgas Darat tetap bersiaga di sejumlah titik rawan kebakaran guna memastikan lokasi aman dan tidak terjadi kebakaran lagi.

"Kemarin ada hujan cukup membantu di area rawan kebakaran serta ada titik api di wilayah Banyuasin dan Ogan Ilir mengalami penurunan dan kami terus patroli memantau serta melakukan pemadaman secara terpadu jika ada titik api," jelasnya.

Selain itu untuk memudahkan pencegahan pada saat terjadi titik api meningkat, Satgas telah melakukan pemetaan lokasi daerah sangat rawan Karhutbunla, ujar dia.

Sementara wilayah yang terus dipantau di Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin, kata dia.

Bahkan, Danrem yang juga Dansatgas pencegahan kebakaran tersebut rutin meninjau dan membantu memadamkan titik api seperti di Banyuasin.

Dia mengatakan, hingga saat ini pihaknya terus memantau titik rawan kebakaran, khususnya di wilayah Rambutan Banyuasin dan Pemulutan Ogan Ilir. Beberapa waktu yang lalu di tempat ini telah terjadi kebakaran yang mengakibatkan kota Palembang beberapa hari sempat diselimuti kabut asap.

Adapun titik api yang sempat terjadi tersebut berada di Desa Pulau Semampu dan Desa Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin dan Desa Ibul Kecamatan Pemulutan Ogan Ilir.

Bahkan pihaknya mendampingi Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara sekaligus turut melakukan water bombing pemadaman api yang masih menyala di Desa Ibul Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir.

Selain itu juga melakukan water bombing dengan menggunakan Heli bersama Sub Satgas Udara di tempat-tempat yang masih terjadi kebakaran di wilayah Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin Sumatera Selatan.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar