Kementan: LTT upaya tingkatkan swasembada pangan Banyuasin

id kementan,petani,berita sumsel,berita palembang

Kementan: LTT upaya tingkatkan swasembada pangan Banyuasin

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM pertanian Kementan saat melepas 100 Babinsa Korem 044/Garuda Dempo Momon Rosmono. (Dok. Humas kementan RI)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian mengatakan,  Luas Tambah Tanam sebagai upaya dalam meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Banyuasin,  Sumatera Selatan. 
    Hal ini karena potensi lahan pertanian di Sumsel termasuk Banyuasin cukup luas, kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rosmono usai melepas 100 Bintara Pembina Desa Korem 044/Garuda Dempo dalam program Luas Tambah Tanam di Palembang, Kamis,
    Oleh karena itu pihaknya melakukan Luas Tambah Tanam bersama Korem 044/Garuda Dempo di kabupaten tersebut. 
    Selain itu Kementerian Pertanian membantu alat pertanian kepada petani di Sumatera Selatan berupa eskavator untuk mempercepat proses tanam di daerah swasembada pangan tersebut.
   Menurut dia,  alat pertanian itu berfungsi antara lain pembuatan irigasi dan perataan lahan.

Selain itu alat pertanian tersebut untuk mendukung perbaikan infrastruktur persawahan di Sumsel, kata dia.

"Jadi dengan adanya bantuan tersebut maka swasembada pangan yang diprogramkan akan berjalan sukses," tambahnya.

Menurut dia, apalagi lahan pertanian di Sumsel cukup luas sehingga percepatan dan penambahan areal tanam sangat diutamakan.

Sehubungan itu pihaknya membantu alat pertanian di Sumsel termasuk untuk Kabupaten Banyuasin.

Dia mengatakan, mengenai bantuan alat pertanian tersebut berjumlah 40 unit yang diharapkan dapat mempercepatan tanam dan menambah areal tanam.

Selain memberikan bantuan alat pertanian pihaknya memberikan pupuk bersubsidi, dan memberikan bibit padi berkualitas agar hasil padi semakin meningkat.

Dia menambahkan dalam menyukseskan program swasembada pangan tersebut pihaknya bekerja sama antara lain dengan prajurit TNI Korem 044/Garuda Dempo.

Menurutnya anggota TNI sudah sampai ke desa atau memaksimalkan peran Bintara Pembina Desa.

"Program swasembada pangan harus disukseskan sehingga perlu adanya kerja sama dengan instansi terkait," tambah dia.