Asian Games - Panitia siagakan LRT di Bandara SMB II

id lrt,kereta layang ringan,atlet asian games,transportasi atlet,bandara smb ii,panitia asian games,kereta api ringan

Asian Games - Panitia siagakan LRT di Bandara SMB II

Sebagian atlet Indonesia yang akan berlaga pada Asian Games tiba di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Selasa (14/8) (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/18)

....Biasanya gerbong untuk para atlet akan disterilkan dari masyarakat sehingga tidak akan berbaur....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Panitia transportasi Asian Games mensiagakan kereta layang ringan atau "Light Tail Transit" (LRT)  di Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II untuk mengangkut para atlet dan ofisial menuju wisma atlet Jakabaring Sport City Palembang.

"Rombongan atlet nanti akan diarahkan menggunakan LRT sekaligus untuk sosialisasikan LRT yang baru beroperasi," kata Koordinator posko transportasi Bandara Nur Muhammad melalui anggotanya Ngateman di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Selasa.

Khusus pengangkutan para atlet dan ofisial ke wisma Jakabaring Sport City (JSC), panitia berkoordinasi dengan petugas di bagian LRT untuk menyiapkan satu atau lebih gerbong sesuai dengan jumlah yang akan diangkut.

"Biasanya gerbong untuk para atlet akan disterilkan dari masyarakat sehingga tidak akan berbaur," ujar dia.

Ia juga mengungkapkan  kemungkinan harus membawa banyak atlet dan ofisial  dalam satu kereta, maka satu kereta tersebut  harus disteril dari masyarakat dan memprioritaskan pengangkutan atlet.

"Bila ini terjadi masyarakat akan kita arahkan untuk menaiki kereta selanjutnya," kata dia.

Sementara itu untuk barang bawaan para atlet dijelaskannya diangkut menggunakan mobil boks menuju wisma.

Pihak panitia transportasi juga mensiagakan 3- 5 unit bus untuk mengantisipasi membludaknya kedatangan akibat penundaan penerbangan dan faktor lainnya.

"Bus ini juga akan digunakan bila atlet yang bersangkutan menolak atau meminta diangkut dengan bus saja," ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini kendala transportasi hanya pada jadwal penerbangan yang sering berubah.

"Kendalanya lebih di luar panitia transportasi sendiri. Kami siaga dari pukul 05.30 WIB  hingga penerbangan terakhir," pungkas dia.

Sejak tanggal 10 Agustus posko Asian Games 2018 terpadu di Palembang sudah terbentuk terdiri atas pengamanan, penerimaan, dan kesehatan.

Dari awal operasional tercatat hingga Senin (13/8) malam panitia telah menerima sekitar 600 orang atlet, ofisial, dan jurnalis untuk meliput penyelenggaraan Asian Games di Palembang.

Sedangkan pada Selasa (14/8) diprediksi ada sekitar 301 orang atlet dan ofisial dari 21 negara peserta yang tiba di Bandara SMB II. Sedangka 31 orang di antaranya merupakan atlet dan oficial tim Indonesia. (FN/I016)