LRT Palembang untuk umum sebelum Asian Games

id lrt,kereta api rigan,berita sumsel,berita palembang,peserta Asian Games,Dinas Perhubungan sumsel

LRT Palembang untuk umum  sebelum Asian Games

Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kereta api ringan (light rail transit) di Palembang, Sumatera Selatan, akan diujicoba sebagai angkutan massal masyarakat umum sebelum dipakai khusus untuk peserta Asian Games 18 Agustus-2 September 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, Nelson Firdaus di Palembang, Rabu mengatakan, uji coba LRT dibuka untuk umum mulai 21 Juli sampai 30 Juli 2018.

Menurut dia, mengenai jadwal keberangkatan untuk LRT itu belum diputuskan, apakah satu jam sekali, dua jam sekali atau tiga jam sekali per hari.

"Yang jelas LRT itu sudah dibuka untuk umum mengenai jadwal pastinya belum turun, tentunya akan diputuskan dalam waktu dekat ini," katanya.

Ia menyatakan, LRT tersebut digratiskan untuk seluruh masyarakat selama uji coba berlangsung.

Ia mengakui, sekarang ini belum seluruh stasiun berfungsi maksimal, sehingga hanyaa beberapa stasiun yang sudah bisa untuk uji coba moda transportasi terbaru di ibu kota Sumsel itu.

Mengenai kapasitas LRT masih akan dipastikan sebelum pelaksanaan uji coba.

"Nanti, akan dilihat dulu. Belum diputuskan, tetapi kemampuan satu train set itu tiga gerbong maksimal sampai 400 orang," ujarnya.

Ia menuturkan, untuk stasiun LRT itu sampai dengan saat ini yang sudah siap ada empat yaitu di Bandara SMB II Palembang, kemudian jembatan Ampera, Jakabaring dan di OPI mall itu yang kiri dan kanannya sudah siap.

Pada saat pelaksanaan Asian Games nanti diharapkan 13 stasiun fungsional. Artinya, bisa difungsikan, tapi belum tentu 100 persen selesai, mungkin tangganya baru sebelah, tapi bisa difungsikan.

"Itu harapan kami selama Asian Games 2018," katanya.