Australia kandaskan mimpi Vietnam ke final AFF

id piala aff,berita sumsel,berita palembang,berita antara,sepak bola putri asean

Australia kandaskan mimpi Vietnam ke final AFF

Ilustrasi (ANTARA)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Tim Australia U-20 mengandaskan mimpi Vietnam melaju ke babak final turnamen sepak bola putri antarnegara Asia Tenggara atau AFF Woman Championship 2018.

Australia melaju ke babak final setelah menaklukkan Vietnam 4-2 pada semifinal AFF Woman Championship 2018 yang dihelat di Stadion Bumi Palembang, Rabu sore.

Tim Nasional Vietnam yang juga wakil zona Asia Tenggara di AFC Cup tampil dengan kekuatan penuh dan mengandalkan pemain-pemain seniornya. Berbeda dengan Australia yang menurunkan tim U-20.

Meski demikian, pertandingan tetap berlangsung sengit. Australia yang unggul dari sisi postur tubuh pemain yang tinggi justru kebobolan lebih dahulu melalui penyerang Vietnam Nguyen Thi Tuyet Dung pada menit ke-17.

Strategi membangun serangan dari bawah ternyata mampu mengirimkan umpan matang ke lini depan. Bermula dari kesalahan komunikasi antara dua pemain belakang Australia, penyerang Vietnam berhasil menerobos kotak penalti dan melepaskan tendangan keras. Skor berubah 1-0 untuk Vietnam.

Kebobolan lebih dahulu, langsung menyentak mental pemain Australia untuk lebih fokus pada pertandingan. Pola umpan panjang langsung menuju kotak penalti lebih dipertajam oleh barisan lini tengah tim Negeri Kanguru ini.

Hasilnya, hanya berselang satu menit setelah gol pertama, Australia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui sepakan Alexandra Carla Chidiac.

Dalam keandaan skor imbang ini, Australia terus melancarkan serangan dengan mengandalkan keunggulan mereka dalam perebutan bola-bola atas.

Sementara Vietnam yang menyadari kelemahan menutupinya dengan permainan umpan-umpan pendek yang membuat pemain tengah Australia kebingungan.

Di tengah kurungan pemain Vietnam tersebut, Courney Jade Nevin mampu keluar dari penjagaan dan mencetak gol pada menit ke-35. Skor berubah 2-1 untuk Australia yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Vietnam yang tertinggal menaikkan tensi permainan. Tak kenal lelah, pemain membangun serangan dari bawah. Beberapa kali jantung pertahanan Australia tersentak oleh pergerakan pemain sayap Vietnam.

Kuatnya ancaman pemain Vietnam ini membuat Alexandra Carla terpaksa melakukan pelanggaran keras untuk menghentikan pergerakan pemain Vietnam. Karena pelanggaran keras, wasit memberikan kartu kuning kepada Alexandra.

Saling jual beli serangan, pada menit ke-65, petaka terjadi bagi Vietnam. Australia yang sejak awal meladeni permainan cepat Vietnam mendapatkan kesempatan melalui serangan balik.

Kyra Lilee yang memanfaatkan kesempatan ini. Umpan silang yang dikirimkan ke temannya di kotak penalti, tanpa diduga ternyata justru masuk ke gawang. Skor berubah 3-1 untuk Australia.

Tak terhenti di sini, pemain Australia dengan nomor punggung 10 kembali.menambah gol pada menit 76 memanfaatkan kelelahan pemain Vietnam yang mulai mendera. Skor 4-1 untuk Australia.

Namun, di penghujung babak kedua (menit ke-90), penyerang Vietnam Nguyen Thi memperkecil kekalahan dengan mencetak gol yang sekaligus menjadi gol keduanya. Skor pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Australia 4-2.

Pelatih Vietnam Mai Duc Chung mengatakan pemainnya sudah berjuang keras menghadapi Australia. Namun, kekurangpercayaan diri membuat tim ini kalah meski lebih dahulu mencetak gol.

"Nanti lawan Myanmar di pertandingan perebutan juara ketiga, kami akan habis-habisan karena ini pertandingan terakhir kami," kata dia.

Sementara itu, pelatih Australia Leah Janine Blayney mengatakan anak asuhnya telah bermain baik sepanjang pertandingan meski skor akhir 4-2 atau Vietnam berhasil mencuri dua gol.

"Bagi saya mereka sudah bagus, terus bekerja keras sepanjang pertandingan. Untuk lawan Thailand nanti di final, lihat saja nanti," kata dia.

Partai final Piala AFF putri 2018 akan mempertemukan Australia dengan Thailand yang pada penyisihan grup sudah bertemu. Pada saat itu, Thailand unggul 4-2.

Sementara perebutan tempat ketiga akan mempertemukan Myanmar dan Vietnam, setelah pada semifinal Myanmar dikalahkan Thailand 1-3.

Pertandingan final dan perebutan tempat ketiga akan digelar Jumat (13/7) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.


Susunan Pemain

Vietnam : Tran Thi Kim Thank (pg), Tran Thi Hong Nhung, Chuong Thi Kieu, Nguyen Thi Tuyet Dung, Nguyen Thi Lieu (Nguyen Thi Van/64), Huybh Nhu (c), Thai Thi Thao, Pham Hai Yen, Pham Thi Tuoi, Dinh Thi Thuy Dung, Pham Hoang Quynh (Nguyen Thi My Anh/79).
Pelatih : Mai Duc Chung


Australia U-20 : Jada Leanne Mathyssen (gk), Rachel Georgia Wehl Lowe, Princess Megan Ategbayon Ibini Isei, Emily Rose Condon, Cortnee Brooke Vine (Emily Grace Hodgson/65), Alexandra Carla Chidiac, Taylor Jade Ray, Karly Roestbakken, Kyra Lilee Cooney Cross (Mary Boio Fowler/), Coutney Jade Nevin (Melinda Barbieri/45), Larissa Rose Crummer (c).
Pelatih : Leah Janine Blayney.